Gelontorkan Rp 75 Miliar, Pasar Anyar Tangerang Akan Disulap Konsep TOD Hingga Sport Center

Pemerintahan Kota Tangerang akan menyulap Pasar Anyar Tangerang berkonsep Transit Oriented Development (TOD).

Gelontorkan Rp 75 Miliar, Pasar Anyar Tangerang Akan Disulap Konsep TOD Hingga Sport Center
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat mengunjungi Pasar Anyar Tangerang yang akan direvitalisasi akhir tahun 2019 oleh Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu (4/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pemerintahan Kota Tangerang akan menyulap Pasar Anyar Tangerang berkonsep Transit Oriented Development (TOD).

Wali Kota Tangerang, Arief R Wiswansyah mengatakan nantinya Pasar Anyar tersebut akan terdapat semacam tempat tinggal untuk warganya dan para pedagang.

Tidak hanya itu, pusat ekonomi tersebut juga akan menjadi tempat konektivitas moda transportasi umum dan akan terealisasi tahun 2019 akhir.

Tak tanggung-tanggung, Arief mengatakan telah mempersiapkan dana sebesar Rp 75 miliar untuk revitalisasi Pasar Anyar Tangerang.

"Tahun ini sebenarnya bisa dikerjakan, itu ada anggarannya dari pemerintahan pusat Rp 75 miliar dari Jokowi," ujar Arief di Pasar Anyar, Jumat (3/5/2019).

Ia menerangkan, konsep TOD yakni semua moda transportasi umum akan dapat menurunkan dan mengambil penumpang langsung di Pasar Anyar Tangerang dibekali halte yang modern.

Pasar Anyar nantinya juga akan tersambung dengan Stasiun Tangerang yang dapat memudahkan warga bila ingin menggunakan moda transportasi kereta api.

Namun, hingga saat ini, Pemkot Tangerang masih menunggu hasil kajian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan desain kawasan.

"Nanti kan dibuat sama Kementerian PUPR. Karena Kementerian PUPR tidak punya gambar, nah kita sudah punya gambar desain awal tapi masih kita revisi. Ini yang sedang kitaa tanyakan mau pakai gambar mereka apa kita," jelas Arief.

Pasar Anyar Tangerang Kebakaran Hebat, Api Masih Berkobar

Tergerus Zaman, Pasar Antik Jalan Surabaya Mulai Ditinggal Pelanggan

Terakhir, Arief mengatakan, bila memungkinkan Pasar Anyar Tangerang akan disediakan sport center di tengahnya hingga hunian vertikal yang akan dibangun dekat Pasar Anyar Tangerang.

"Karena kita ingin buat pasar kita nyaman, multifungsi jadi bukan hanya pasar jadi ada terminalnya. Naik turun angkot di dalam pasar. Kita juga ingin ada semacam tempat olahraga di sini untuk masyarakat yang belanja bisa sambil olahraga," tutupnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved