Satpol PP Bakal Awasi Tempat Hiburan Malam di DKI Selama Ramadan

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, memastikan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap berbagai tempat hiburan malam selama bulan Ramadan.

Satpol PP Bakal Awasi Tempat Hiburan Malam di DKI Selama Ramadan
ISTIMEWA/Philip Mackenzie/sxc.hu
Ilustrasi hiburan malam. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, memastikan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap berbagai tempat hiburan malam selama bulan Ramadan.

Pengawasan tersebut, dilakukan untuk memastikan tata tertib penyelenggaraan kegiatan pariwisata di Ibu Kota berjalan sesuai dengan surat edaran nomor 162/SE/2019 tentang penyelenggaraan waktu industri pariwisata pada bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri tahun 1440 H/2019 M.

"Itu sudah kegiatan rutin, nanti akan ada pengawasan terhadap tempat-tempat hiburan. Setiap hari akan dilakukan," ujar Arifin saat di konfirmasi wartawan, Sabtu (4/5/2019).

Dalam surat edaran tersebut, dituliskan bahwa tempat hiburan dengan jenis klab malam, diskotek, mandi uap, rumah pijat, arena permainan ketangkasan manual, mekanik dan atau elektronik untuk orang dewasa, diharuskan tutup mulai h-1 Ramadan hingga h+1 hari raya Idul Fitri.

Selain itu, untuk jam operasional tempat hiburan sub jenis usaha karaoke eksekutif, itu diatur mulai pukul 20.30 WIB hingga 01.30 WIB. Sementara untuk karaoke keluarga diperkenankan beroperasi mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

"Jadi (pengawasan) dilakukan serentak di lima wilayah kota, bersama petugas gabungan juga," tutur Arifin.

Tak hanya tempat-tempat hiburan tersebut. Dalam surat edaran yang diturunkan Satpol PP, beberapa jenis usaha pariwisata lainnya seperti bola sodok (biliar) juga masuk dalam aturan tertentu yang diberikan oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Video Kunjungan KPU ke Kediaman Ketua KPPS yang Meninggal Saat H-1 Pemilu 2019

Manajer Persija Tak Yakin Kasus Marko Simic Selesai Cepat di Australia

6 Tempat Kuliner Lezat di Jalan Raden Saleh Jakarta Pusat

Usaha bola sodok (biliar), yang berlokasi tidak satu ruangan dengan pub dan karaoke bisa beroperasi mulai pukul 10.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Sementara untuk yang satu ruangan dengan usaha karaoke ataupun pub diperbolehkan beroperasi mulai pukul 20.30 WIB sampai dengan 01.30 WIB.

Bagi yang melanggar aturan tersebut, akan dikenakan sanksi.

Adapun sejumlah sanksi yang berlaku mulai dari teguran tertulis hingga tiga kali, usulan pembekuan sementara, pembatalan hingga pencabutan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved