Breaking News:

Sekitar Tahun 1935, Turunan Arab Mulai Masuki Kawasan Condet

Banyak orang keturunan Arab yang tinggal di Condet, Jakarta Timur dimulai pada tahun sekitar 1935.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARAH
Foto: Habib Ahmadun Bin Abdullah Alatas cucu dari Habib Muchsin bin Muhamad Alatas yang makamnya menjadi makam kramat di Kawasan Jalan Raya Condet 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Imdah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Banyak orang keturunan Arab tinggal di Condet, Jakarta Timur dimulai pada tahun sekitar 1935.

Hal ini diungkapkan oleh Habib Ahmadun Bin Abdullah Alatas yang tinggal di daerah Cawang, Jakarta Timur.

Ia menjelaskan dulunya para ulama seperti Datuk Ibrahim, Datuk Merah, Datuk Giong dan lain sebagainya datang untuk berdakwah di kawasan Condet

"Mulanya mereka itu datang untuk berdakwah, syiar islam di Masjid Al Hawi yang berada di Jalan Raya Condet," ujar Habib Ahmadun kepada TribunJakarta.com, Senin (6/5/2019).

Saat itu mereka juga sembari berdagang namun dagangnya ala kadarnya saja.

Hidup mereka dihabiskan untuk berdakwah bahkan tidur pun susah.

"Akhirnya jamaah dari mana-mana mulai berdatangan dan singgah di kawasan itu. Salah satunya turunan Arab yang kemudian menetap di situ," terang dia.

Masjid Al Hawi yang terkenal dengan para pendakwahnya yang sopan dan santun, seperti Habib Muchsin bin Muhamad Alatas lalu diteruskan ke Habib Muhammad bin Ahmad Al Hadad dan anak-anaknya membuat para jamaah di wilayah Indonesia datang  ke Condet.

"Jadi memang kalau orang ada masalah apa saja datangnya ke Masjid Al Hawi. Makanya dari dulu sudah banyak orang yang berdatangan," kata Habib Ahmadun.

Nah, orang keturunan Arab di situ juga merupakan orang Jakarta juga tapi tinggalnya di Tanah Abang, Petamburan dan lain sebagainya yang memutuskan pindah ke lokasi tersebut.

"Supaya bisa lebih dekat dengan Masjid Al Hawi," tambahnya.

Ia melanjutkan, salak dan duku asli Condet juga menjadi alasan para turunan Arab semakin betah bermukim di kawasan Condet.

Selain itu, Habib Ahmadun Bin Abdullah Alatas menjelaskan kawasan Condet dulunya dikenal dengan nama Kampung Kramat ketika Habib Muchsin bin Muhamad Alatas meninggal dunia.

Sampai sekarang pun, banyak masyarakat yang masih mengetahui jika Condet masih disebut sebagai Kampung Kramat.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved