Ramadan 2019

Warga DKI Jakarta Bisa Mudik Gratis, Begini Caranya!

Di bulan suci Ramadan ini, pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kesempatan para pemudik menuju kampung halamannya secara gratis.

Warga DKI Jakarta Bisa Mudik Gratis, Begini Caranya!
Dokumentasi Sudin Dishub Jaksel
Para calon pemudik tengah memverifikasi data di Kantor Sudin Dishub Jakarta Selatan pada Selasa (7/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Di bulan suci Ramadan ini, pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kesempatan para pemudik menuju kampung halamannya secara gratis.

Melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta, para pemudik bisa menggunakan angkutan umum pulang-pergi Jakarta sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

Sebanyak 10 rute keberangkatan bisa menjadi pilihan para pemudik yang meliputi Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang.

Jika berminat, pendaftaran online masih berlangsung hingga tanggal 29 Mei 2019.

Usai melakukan pendaftaran online, masyarakat bisa menyambangi kantor Sudin Perhubungan sesuai wilayahnya untuk melakukan verifikasi data.

Menurut Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto, di wilayahnya dibatasi sebanyak 50 orang yang ingin memverifikasi data per hari setelah mendaftarkan secara online.

"Setiap harinya kita melakukan verifikasi data yang dibatasi sebanyak 50 pendaftar. Itu berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB. Peserta mudik gratis untuk wilayah Jakarta Selatan, warga harus memiliki KTP atau KK DKI Jakarta dan beralamat di Jakarta Selatan," ujarnya saat dikonfirmasi TribunJakarta.com pada Selasa (7/5/2019).

Calon Pemudik Gratis Pemprov DKI Keluhkan Pelayan Lamban dan Minimnya Informasi Terkait Verifikasi

Khusus 4 Tujuan Ini, Kuota Mudik Gratis Pemprov DKI Sudah Habis 

Kepala Seksi Angkutan Jalan, Afrinda menambahkan ada sejumlah kota yang telah habis kuotanya bagi pemudik balik dari kampung halamannya menuju Jakarta.

"Ada sejumlah kota yang kuotanya telah habis untuk pulang dari kampung halamannya ke Jakarta. Seperti, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Pekalongan dan Tegal," bebernya.

Bagi masyarakat yang berminat bisa melakukan secara online melalui portal https://mudikgratis.jakarta.go.id dengan keberangkatan serentak 30 Mei di Monas, Jakarta Pusat.

Sekadar Informasi, per tanggal 15 April 2019 hingga 6 Mei 2019, sebanyak 1.696 peserta mudik gratis telah memverifikasi data di kantor Sudin Perhubungan Jakarta Selatan.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved