Pemilu 2019

Anggota KPU Jakarta Timur yang Meninggal Bertambah jadi 14 Orang

Meski tercatat sebagai Pamsung, Wage menegaskan tiga pahlawan demokrasi itu tetap mendapat santunan dari KPU RI karena tugasnya berkaitan dengan KPPS.

Anggota KPU Jakarta Timur yang Meninggal Bertambah jadi 14 Orang
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Di tengah jalannya proses rekapitulasi suara tingkat kota, KPU Jakarta Timur masih harus berduka karena anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia terus bertambah.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan hingga kini tercatat ada 14 orang jajarannya yang meninggal dunia diduga akibat kelelahan menanggung beban sebagai penyelenggara Pemilu 2019.

"Yang terdata sampai sekarang 14 orang, jadi bertambah lagi. Dari Kelurahan Malaka Sari, dan Duren Sawit. Tiga orang di antaranya itu Pamsung (Pengamanan langsung)," kata Wage di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2019).

Meski tercatat sebagai Pamsung, Wage menegaskan tiga pahlawan demokrasi itu tetap mendapat santunan dari KPU RI karena tugasnya berkaitan dengan KPPS.

Perihal pencarian dana, KPU RI masih terus melakukan verifikasi terhadap ahli waris dan keluarga yang berhak menerima dana santunan.

"Pamsung ini bagian dari KPPS, jadi terintergrasi. Jadi kita enggak membeda-bedakan. Jumlah yang didapat sama. Makannya kita terus inventarisir orang yang meninggal akibat proses ini (Pemilu 2019)," ujarnya.

Hingga Kini Ada 9 Anggota KPPS di Jakarta Timur yang Meninggal Dunia

Wage sendiri mengaku kaget karena saat rekapitulasi suara tingkat kota Jakarta Timur dibuka Senin (6/5/2019) lalu KPU Jakarta Timur mencatat ada delapan anggota KPPS dan satu Pamsung yang meninggal.

Namun seiring proses pendataan dan jalannya waktu jumlah jajaran KPU Jakarta Timur bertambah, bahkan kemarin malam seorang anggota KPPS di Kecamatan Cakung meninggal.

"Jumlahnya bertambah, info yang saya dapat semalam di Cakung juga ada anggota KPPS yang meninggal. Kita berharap jumlahnya enggak bertambah lagi," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved