Pilpres 2019

Bawaslu Kota Bekasi: Baliho Klaim Kemenangan Capres/Cawapres Bisa Timbulkan Kegaduhan

"Karena pemilu sudah usai, tidak ada lagi APK (alat peraga kampanye), terpenting sama-sama menjaga dan saling mengajak persatuan," katanya.

Bawaslu Kota Bekasi: Baliho Klaim Kemenangan Capres/Cawapres Bisa Timbulkan Kegaduhan
istimewa
Penurunan baliho di wilayah Pondok Gede Kota Bekasi oleh Pol PP dan personil Kepolisian, TNI dan Bawaslu Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Badan Pengawas Pemilu (Bwaslu) Kota Bekasi menghimbau, agar masyarakat maupun pendukung Capres/Cawapres sama-sama menahan diri untuk tidak saling klaim kemenangan dengan cara memasang baliho atau tindakan apapun.

Kordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Bekasi Ali Mahyail mengatakan, fenomena kemunculan baliho klaim kemenangan bisa menimbulkan kegaduhan atau singgungan antar sesama pendukung.

"Kita himbau untuk sama-sama menahan diri, karena klaim kemenangan seperti itu bisa menimbulkan kegaduhan karena pengumuman resmi hanya dari KPU," kata Ali, Kamis (8/5/2019).

Usai pemilu ini, masyarakat juga diharapkan bisa kembali merajut persatuan tidak lagi terpisah karena perbedaan pilihan politik. Dia justru berharap masyarakat bisa memasang spanduk ajakan-ajakan persatuan dan menjaga kerukunan.

"Karena pemilu sudah usai, tidak ada lagi alat peraga kampanye (APK), terpenting sama-sama menjaga dan saling mengajak persatuan," jelas dia.

Bawaslu Bekasi Terus Sisir Baliho Ucapan Kemenangan Prabowo-Sandi

Adapun sejauh ini, Bawaslu Kota Bekasi terus melakukan penyisiran terhadap keberadaan baliho atau spanduk ucapan kemenangan Capres/Cawapres nomor urut 02 Prabowo - Sandiaga.

"Kita masih sisir bareng Satpo PP dan Kepolisian, penyisiran di masing-masing panwascam (panitia pengawas kecamatan)," kata Ali.

Dia menjelaskan, sejak sekitar satu minggu belakangan, sepanduk atau baliho ucapan kemenangan untuk Prabowo - Sandiaga banyak dijumpai di sejumlah titik di Kota Bekasi.

Semenjak awal kemunculan itu, Bawaslu dan Pol PP serta kepolisian untuk melakukan penertiban. Sejumlah titik itu berada di Perumahan Kemang Pratama, Jalan Sultan Agung, Telum Pucung Bekasi Utara dan sejumlah titik lainnya.

"Total sampai sejauh ini sudah ada 12 lebih baliho dan spanduk kemenangan paslon nomor urut 02," kata Ali.

Ali menjelaskan, penertiban baliho itu juga berkaitan dengan surat keputusan Bawalu RI Nomor : S-0904/K.BAWASLU/PM.00.00/4/2019 tanggal 30 April 2019 tentang Ketentuan Penetapan dan Deklarasi Hasil Pemilu.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved