Kasus Korupsi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Penuhi Panggilan KPK untuk Jadi Saksi Romahurmuziy

iba sekira pukul 09.52 WIB, Lukman mengatakan kedatangannya ke KPK karena merupakan upaya pemenuhan kewajiban institusional.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Penuhi Panggilan KPK untuk Jadi Saksi Romahurmuziy
Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim
Menteri Agama Lukman Hakim memperlihatkan sampel kartu nikah 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memenuhi pemanggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tiba sekira pukul 09.52 WIB, Lukman mengatakan kedatangannya ke KPK karena merupakan upaya pemenuhan kewajiban institusional.

"Saya harus kooperatif, harus mendukung penuh seluruh upaya hukum, yang dilakukan lembaga penegak hukum," katanya ketika tiba di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (8/5/2019).

"Ini juga sekaligus wujud komitmen saya selaku Menteri Agama dan seluruh keluarga besar Kemenag (Kementerian Agama) akan terus kooperatif dan akan terus mendukung penuh kelancaran proses kasus yang sedang ditangani KPK. Sehingga kasus ini bisa segera tuntas dan kemudian kita bisa menatap kedepan lebih baik," sambung Lukman.

Kemarin, KPK sempat meminta Lukman untuk membawa dokumen terkait penanganan perkara saat diperiksa. Kata Lukman, ia membawanya dan akan diterangkan di hadapan penyidik.

"Ya, terkait dengan materi perkara, tentu tidak pada tempatnya kalau saya sampaikan di sini, sebelum saya sampaikan secara resmi di hadapan penyidik KPK," tuturnya sebelum memasuki kantor KPK.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menerangkan, Lukman sedianya hari ini bakal menjalani pemeriksaan terkait kasus suap seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RMY (Romahurmuziy)," kata Febri kepada wartawan, Rabu (8/5).

Diberitakan, KPK menetapkan Romy bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim) Haris Hasanuddin sebagai tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kemenag.

Muafaq dan Haris diduga telah menyuap Romy untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag. Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik dan Haris mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved