Sejumlah Tokoh Nasional dan Musisi Ini Suarakan Cinta Bumi dan Bahaya Sampah Plastik di Tangsel

Cafe Abuella HQ menjadi lokasi yang cukup lantang menyuarakan kecintaan terhadap bumi hari ini.

Sejumlah Tokoh Nasional dan Musisi Ini Suarakan Cinta Bumi dan Bahaya Sampah Plastik di Tangsel
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Diskusi bertema "Aku Cinta Bumi" yang dihadiri pejabat, tokoh nasional dan musisi pemerhati lingkungan di cafe Abuella HQ, Serpong, Tangsel, Rabu (8/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNKAKARTA.COM, SERPONG - Cafe Abuella HQ menjadi lokasi yang cukup lantang menyuarakan kecintaan terhadap bumi hari ini, Rabu (8/5/2019).

Deretan pejabat dan tokoh nasional serta musisi papan atas, berkumpul di cafe yang berlokasi di bilangan Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) itu.

Mereka semua datang dalam rangka menyuarakan bahaya sampah plastik dari berbagai macam sudut pandang dengan tema besar "Aku Cinta Bumi".

Sebut saja, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Wagub Jawa Timur Syaifullah Yusuf hingga Pengamat Politik dan Pemerhati Lingkungan Rocky Gerung hadir di cafe itu.

Ajarkan Kedamaian Islam, Sekolah di Ciputat Tangerang Selatan Ini Tampung Pelajar Mualaf

Bukan di Mal, Ini Rekomendasi Lokasi Ngabuburit dari Wakil Wali Kota Tangerang Selatan

Tempat Hiburan Malam di Tangerang Selatan Tutup Selama Ramadan 1440 H

Ada juga musisi yang aktif di isu lingkungan, Endah & Rhesa, Robi 'Navicula', Nugie dan Melanie Subono ikut menyumbang suara.

Sang penggagas acara kumpul sekaligus pemilik cafe, Sandrina Malakiano, mengatakan, sampah plastik sudah mencemari kehidupan di bumi bahkan sampai melukai hewan laut yang tidak tahu menahu soal penggunaan plastik.

"Menurut sumber, Indonesia penghasil sampah plastik yang dibuang ke laut terbesar nomor dua. Belum lagi di Hawai yang sudah sangat memprihatinkan, serta banyaknya hewan laut yang terluka atau terkontaminasi akibat sampah plastik," ujar Sandriana, mengawali diskusi.

Robi 'Navicula' yang selama ini keras menyuarakan harmoni alam semesta dalam lagu-lagunya juga mengutarakan hal yang sama. Baginya, penghindaran penggunaan sampah plastik harus menjadi isu lingkungan utama hari ini.

"Karena kan itu masalah yang paling urgent buat lingkungan," ujar Robi.

Sementara, Anies Baswedan, lebih menggarisbawahi soal pemetaan masalah lingkungan yang menurutnya ada di perkotaan.

"Hampir semua yang kita bicarakan tentang kerusakan tentang alam, umumnya terjadinya di wilayah urban. Dan sejak 2009 lebih banyak penduduk yang tinggal di wilayah urban dari pada di wilayah rural," ujar Anies.

"Urban musti jadi perhatian. Bagi kita yang membicarakan tentang lingkungan hidup, berikan porsi lebih luas," tambahnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved