Dinas Lingkungan Hidup DKI Belum Temukan Industri yang Cemari Kali Sunter Hingga Airnya Berubah Biru

Selain bengkel mobil berinisial M yang diperiksa Dinas LH Provinsi DKI, Sudin LH Jakarta Timur juga turun tangan memeriksa sejumlah industri.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Belum Temukan Industri yang Cemari Kali Sunter Hingga Airnya Berubah Biru
istimewa
Kali Sunter saat berubah warna jadi biru di Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Upaya Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengungkap kasus pencemaran Kali Sunter yang viral di media sosial pada Kamis (2/5/2019) karena nyaris seharian berubah warna jadi biru pekat belum berhasil.

Kasi Penanganan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI, Rusliyanto mengatakan tak menemukan kegiatan pembuangan limbah cat dari satu bengkel reparasi mobil yang diduga melakukan.

"Kami sudah lakukan identifikasi kegiatan usaha di lokasi, salah satunya bengkel mobil “M”. Di lokasi tidak kami temukan indikasi pembuangan limbah cat," kata Rusliyanto di Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (9/5/2019).

Selain bengkel mobil berinisial M yang diperiksa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur juga turun tangan memeriksa sejumlah industri yang berada disekitarnya.

Nahas upaya tersebut juga tak berhasil menguak sebab aliran Kali Sunter kerap berubah warna dan berbau tiner sejak tahun 2014.

Warna Kali Sunter Jadi Biru Pekat, Pelaku Bisa Terancam Hukuman Pidana

"Hasil identifikasi lapangan teman-teman Sudin LH Jakarta Timur juga tidak diketemukan adanya kegiatan yang membuang limbah cat," ujarnya.

Upaya menemukan pihak industri yang mencemari Kali Sunter lewat pemeriksaan crossing saluran air oleh Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur.

Menurutnya Sudin SDA Jakarta Timur tak menemukan keberadaan crossing saluran air dari industri yang mengarah ke pipa air wilayah Kelurahan Pondok Bambu tempat cairan limbah keluar.

Aliran Kali Sunter di Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/5/2019).
Aliran Kali Sunter di Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/5/2019). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Perihal sampel air yang diambil personel UPK Badan Air saat air Kali Sunter berubah warna jadi merah pudar, Rusliyanto menyebut pihaknya tak mengetahui adanya pengambilan sampel.

Pasalnya saat Jumat (3/5/2019) Dinas LH Provinsi DKI meninjau lokasi, pengambilan sampel tak dilakukan karena air Kali Sunter sudah tak berwarna biru pekat seperti sebelumnya.

"Saya belum mendapatkan informasi yang dimaksud (Pengambilan sampel). Sampai saat ini kami tidak melakukan pengambilan samper air limbah di kali sunter karena limbah diduga cat sudah tidak ada," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved