Mabes Polri Pastikan 28 Kg Sabu yang Diungkap Polres Metro Jakarta Barat Buatan Amerika Serikat

Sodiq memaparkan barang haram dari sabu tersebut memang merupakan zat yang banyak ditemui dari sabu asal Amerika Serikat.

Mabes Polri Pastikan 28 Kg Sabu yang Diungkap Polres Metro Jakarta Barat Buatan Amerika Serikat
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Polisi merilis kasus sabu asal Amerika di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (9/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Kepala Bidang Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya Forensik Mabes Polri Kombes Pol Sodiq Pratomo memastikan sabu yang baru diungkap Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat murni buatan Amerika Serikat.

Hal itu berdasarkan hasil tes terhadap sabu yang diamankan tersebut.

Sodiq memaparkan barang haram dari sabu tersebut memang merupakan zat yang banyak ditemui dari sabu asal Amerika Serikat.

"Kami temukan ada ciri khusus bahwa produk itu produk P2P bahan dasarnya adalah asam asetat sehingga kita duga bahwa bahan dasarnya adalah P2P yang berasal dari ciri Amerika asli. Jadi pembuatannya di Amerika bukan Asia," kaa Sodiq di Mapolrew Metro Jakarta Barat, Kamis (9/5/2019).

Sodiq memaparkan alasan banyak bandar lebih tertarik meracik sabu ketimbang jenis narkoba lain lantaran saat ini sabu memang menjadi primadona dalam bisnis haram narkoba.

"Karena pembuatannya mudah. Bahannya muda didapat dan duration efeknya lebih panjang dari ekstasi. Itu kenapa mereka memilih sabu dan peredaran di Indonesia paling banyak memang sabu," katanya.

Kasatresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendriz membenarkan bahwa sabu tersebut dikirim oleh para kurir dari Amerika Serikat kendati yang mengendalikan berada di China.

Polisi merilis kasus sabu asal Amerika di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (9/5/2019).
Polisi merilis kasus sabu asal Amerika di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (9/5/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA)

Diduga, para bandar internasional ini memilih mendatangkan dari Amerika Serikat karena relatif lebih aman dibanding harus mengirim barang dari China atau negara lain yang sudah dikenal sebagai tempat penyelundupan narkoba.

"Itu masuh kita lakukan penyelidikan (alasan dikirimn dari AS) tapi untuk kualitas barang sendiri yang pasti ini bukan dari Asia," kata Erick.

Dianggap Tak Beresiko, Paket Sabu Asal Amerika Serikat Jadi Celah Modus Baru Bandar Internasional

Polres Metro Jakarta Barat Gagalkan Peredaran 28 Kilogram Sabu Asal Amerika Serikat di Indonesia

Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil mengagalkan 28 kilogram sabu asal Amerika Serikat (AS) yang akan diedarkan ke Indonesia.

Sindikat tersebut terungkap setelah kepolisian berkoordinasi dengan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta atas adanya pengiriman mencurigakan pada (11/4/2019).

Dua WNA asal China yang diamankan dalam kasus pengiriman sabu asal Amerika Serikat.
Dua WNA asal China yang diamankan dalam kasus pengiriman sabu asal Amerika Serikat. (TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA)

16 kilogram sabu yang dikemas dalam bungkus kopi itu diamankan dari dua tempat jasa pengiriman di kawasan Jakarta.

Sedangkan 12 sabu lainnya diamankan saat masih berada di Los Angeles setelah kepolisian berkoordinasi dengan Drug Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat.

Empat orang telah diamankan dari tiga lokasi di Jakarta yakni dua Warga Negara China yang dikirim langsung dari negaranya berinisial CM (26) dan LX (22) serta dua WNI berinisial DS (42) dan BS (52).

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved