Info Mudik 2019

Pemkab Kepulauan Seribu Siapkan Pelayanan Mudik Gratis Lebaran 2019

Pelayanan tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan warga yang ingin kembali ke 11 pulau di wilayah Kepulauan Seribu.

Pemkab Kepulauan Seribu Siapkan Pelayanan Mudik Gratis Lebaran 2019
ISTIMEWA/Dokumentasi Pemkab Kepulauan Seribu
Rapat Pelayanan Mudik Gratis oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Kamis (9/5/2019), di Gedung Mitra Praja, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu tengah mempersiapkan pelayanan mudik gratis jelang Idul Fitri 1440 H.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menyebutkan, pelayanan mudik gratis tersebut berupa penyediaan transportasi kapal penumpang.

Pelayanan tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan warga yang ingin kembali ke 11 pulau di wilayah Kepulauan Seribu.

"Kita persiapkan pelayanan mudik gratis ini secara maksimal, sehingga masyarakat di wilayah Kepulauan Seribu bisa memanfaatkannya dengan nyaman," ucap Junaedi, Kamis (9/5/2019) dalam sebuah rapat di Gedung Mitra Praja, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pelayanan mudik gratis ini akan dilakukan pada tanggal 3 Juni 2019 atau sehari jelang Idul Fitri.

Kapal Angkatan Laut Jepang JS Samidare Berlabuh di Tanjung Priok

Pendaftarannya, kata Junaedi, dilakukan mulai tanggal 12 Mei hingga kuota terpenuhi.

"Sejauh ini telah disiapkan tiga kapal Prabu Bahari dan 1 kapal PTK dengan total kapasitas 250 orang," jelasnya.

Masing-masing kelurahan di Kabupaten Kepulauan Seribu juga diimbau untuk memberitahu kepada warga hingga ke tingkat RT/RW terkait program ini.

"Persyaratan tertentu seperti merupakan penduduk Kepulauan Seribu dan hanya boleh membawa barang dengan berat 5 kilogram. Tapi yang terpenting dari semua ini adalah faktor keselamatan penumpang," tandasnya.

Adapun pelayanan mudik gratis juga disusul nantinya dengan pelayanan arus balik gratis dari 11 pulau tujuan yang rencananya berlangsung pada 9 Juni 2019.

Berikut rute mudik gratis Kepulauan Seribu:

Rute I: Marina Ancol menuju ke Pulau Untung Jawa - Pulau Lancang - Pulau Pari - Pulau Payung dan berakhir di Pulau Tidung.

Rute II: Marina Ancol menuju ke Pulau Pramuka - Pulau Panggang - Pulau Kelapa - Pulau Kelapa Dua dan berakhir di Pulau Harapan.

Rute III: Marina Ancol menuju ke Pulau Sebira.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved