VIDEO Permintaan Al Quran Braille Meningkat di Bulan Ramadan

Pengurus yayasan, Budi Santoso, mengatakan, pada bulan puasa ini banyak korporasi yang membeli Al-Quran braille dalam jumlah besar.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNKAKARTA.COM, SERPONG - Bulan Ramadan sering juga disebut bulannya Al Quran.

Bukan hanya karena kitab yang diturunkan untuk umat Nabi Muhammad itu turun pada 17 Ramadan, tapi memang masyarakat seakan berlomba-lomba untuk membaca Al Quran di bulan yang suci itu.

Hal itu berdampak pada penjualan Al Quran sendiri.

Bukan saja Al Quran biasa untuk orang normal, melainkan kenaikan permintaan juga terjadi pada Al Quran braille untuk penyandang tuna netra.

Kenaikan itu terlihat di Yayasan Raudlatul Makfufin, salah satu pembuat Al Quran braille di bilangan Jalan Haji Jamat, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

Pengurus yayasan, Budi Santoso, mengatakan, pada bulan puasa ini banyak korporasi yang membeli Al Quran braille dalam jumlah besar.

Alasan Pedagang Bubur Ayam Gratiskan Dagangannya ke Penghafal Al Quran: Dulu Saya Buta Agama

"Kalau menurut saya meningkat. Karena kalau yang lalu kan hanya beberapa set per individu, kalau sekarang kayanya lebih banyak perusahaan," ujar Budi saat ditemui, Kamis (9/5/2019).

Di yayasan itu, Al Quran braille dicetak menggunakan dua mesin cetak braille yang kondisinya sudah cukup tua.

Setelah dicetak, tumpukan kertas yang bertitik huruf Arab braille itu akan dipotong bagian pinggirnya dan kemudian dijilid.

Budi menjelaskan, meskipun pesanan banyak, pihak yayasan hanya bisa memproduksi tiga set Al Quran braille setiap harinya.

Satu set Al Quran braille bisa setebal 1.000 lebih halaman dan dipisah setiap juznya.

"Kalau kita kemampuannya tiga set sebenarnya. Makanya kalau mereka memesan satu set kita bilang terus terang saja, oh ini bisa sampai satu bulan," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved