Breaking News:

Temui Kejanggalan Suara, PDIP Desak KPU Buka Kotak di Pleno Rekapitulasi Tingkat Kota Tangsel

PDIP menemukan sejumlah kejanggalan setelah pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan Ciputat.

TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Massa PDIP dan partai Gerindra mendatangi kantor KPU Tangerang Selatan (Tangsel), Jalan Buana Kencana, Serpong, Tangsel, sedari siang, Kamis (9/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNKAKARTA.COM, SERPONG - PDIP menemukan sejumlah kejanggalan yang mengindikasikan adanya penggelembungan suara yang merugikan partai berlambang banteng itu setelah pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan Ciputat.

PDIP melalui Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), DPC Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Ahmad Yuslizar, mengatakan, pihaknya mendesak KPU Tangsel untuk membuka kotak suara pada rekapitulasi suara tingkat kota.

"PDIP mendesak KPU setempat untuk membuka kotak dan menghitung ulang surat suara," jelas Yuslizar melalui keterangan resminya, Kamis (9/5/2019).

Pihaknya melalui Ketua Anak Cabang PDIP yang juga saksi pemilu, Marhadi, sudah membuat surat pernyataan keberatan saksi atau catatan kejadian khusus rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan, khususnya dapil 1.

Massa PDIP dan Gerindra Datangi Kantor KPU Tangsel

PDIP Raih Suara Tertinggi Tingkat DPR RI di Kepulauan Seribu

Klaim Kantongi Izin Gelar Demo di Kantor KPU dan Bawaslu, Eggi Sudjana: Ini Bentuk People Power

Yuslizar memaparkan, kotak yang diindikasikan bermasalah ada di beberapa TPS dari tiga kelurahan berbeda di kecamatan Ciputat.

"Kotak yang diindikasikan terjadi kejanggalan penggelembungan suara pada TPS 106, 32, 52, 113 Jombang, TPS 13 kelurahan Ciputat, TPS 12, 13, 14 kelurahan Cipayung," paparnya.

Ia mengatakan, pihaknya mendapati selisih suara dari data yang dimiliki PDIP dan data suara hasil rekapitulasi tingkat kecamatan.

"Pembongkaran kotak suara pada TPS tersebut sebagai alat bukti atau pembanding. Ini baru yg kami indikasikan, kemungkinan masih ada kotak-kotak lain yang juga berindikasi sama," ujarnya.

Pantauan TribunJakarta.com, puluhan kader dan relawan PDIP sudah berada di pelataran KPU Tangsel sejak siang untuk mengawal jalannya rekapitulasi yang ditunda sampai pukul 19.30 WIB ini.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved