Pemilu 2019

Bekasi Utara Jadi Kecamatan Terakhir Rampungkan Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Kecamatan Bekasi Utara jadi wilayah terakhir yang merampungkan pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan di Kota Bekasi.

Bekasi Utara Jadi Kecamatan Terakhir Rampungkan Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019
TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Pleno rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Kecamatan Bekasi Utara jadi wilayah terakhir yang merampungkan pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan di Kota Bekasi.

Penyelesaian pleno di Bekasi Utara molor dari jadwal yang ditetapkan KPU yang seharusnya rampung, Senin (6/5/2019).

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bekasi Utara Ahmad Mustofa Kemal mengatakan, pihaknya baru merampungkan pleno pada kamis, (9/5/2019) kemarin.

"Penutupan pleno kemarin jam 16.00 WIB, apresiasi kami selaku penyelenggara pemilu menyampaikan terima kasih kepada Polri/ TNI yang telah menjaga kami dan kotak suara di kecamatan Bekasi Utara sehingga dapat terselengara dengan aman dan lancar," kata Mustofa, Jumat, (10/5/2019).

Adapun untuk perolehan suara Capres/Cawapres, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi unggul dengan memperoleh 110.028 suara.

Sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 79.000 suara.

"Suara sah 189.028, suara tidak sah 2.269, jumlah suara dan tidak sah 191.297," paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni mengatakan, terdapat dua kecamatan yang molor penyelesaian rapat pleno di Kota Bekasi yakni Bekasi Utara dan Bekasi Timur.

Faktor lambatnya rapat pleno rekapitulasi suara di dua kecamatan tersebut lantaran selama proses terjadi dinamika di dalam forumnya, sehingga akhirnya jadwal molor tidak sesuai jadwal.

"Di Bekasi Timur dan Bekasi Utara ini kelihatan memang saksinya cukup kritis sehingga kalau kemudian melihat di Bekasi Utara itu sampai harus membuka kotak dan menghitung ulang surat suara, yang bikin lama itu sebenarnya," jelas dia.

Ada Perbedaan Data, KPU DKI Menskors Rekapitulasi Suara untuk Wilayah Jakarta Selatan

KPU DKI Jakarta Terima Rekapitulasi Suara Kota Jakarta Barat Saat Sahur

Adapun malam ini rencananya KPU akan kembali menggelar rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota, menyusul telah rampungnya dua kecamatan tersebut.

Pleno tingkat kota KPU Kota Bekasi baru merampungkan 10 kecamatan dengan total suara sah sebesar 1.037.529 suara.

Sementara itu, Badeng Saputra selaku tokoh masyarakat Kecamatan Bekasi Utara mengapresiasi jalannya pemilu 2019 di wilayah tempat tinggalnya meski terjadi dinamika yang alot selama proses rekapitulasi suara.

"Saya mengapresiasi pemilu 2019 berjalan damai, lancar, dan sukses, setelah ini mari kita jaga persatuan dan kesatuan, mudah-mudahan Allah memberikan yang terbaik untuk negara kita," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved