Breaking News:

Pemilu 2019

Ngaret, KPU Kota Jakarta Timur Pindahkan Tempat Pleno Rekapitulasi Suara

Target KPU Jakarta Timur merampungkan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota hari ini gagal karena hingga sore ini baru empat kecamatan

Penulis: Bima Putra | Editor: Satrio Sarwo Trengginas
TribunJakarta/Bima Putra
Pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kota Jakarta Timur di Maxone Hotel, Jumat (10/5/2019). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULO GADUNG - Target KPU Jakarta Timur merampungkan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota hari ini gagal karena hingga sore ini baru empat kecamatan yang penghitungannya sudah disahkan.

Tak hanya membuat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi DKI terganggu, molornya target membuat KPU Jakarta Timur mulai besok harus angkat kaki dari tempat pleno rekapitulasi di Maxone Hotel Rawamangun.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan kepindahan tersebut karena anggaran yang tersedia untuk menyewa Maxone Hotel Rawamangun hanya untuk lima hari.

"Memang kita dalam paku anggarannya lima hari. Kalau kita sampai enam hari ini kan jadi temuan orang nanti, KPU darimana duitnya? Jadi kami patuh terhadap anggaran," kata Wage di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (10/5/2019).

Ketua KPU Jakarta Timur Sesalkan Pemasangan Spanduk Deklarasi Kemenangan Capres

Masih Sisakan 7 Kecamatan, KPU Jakarta Timur Optimis Segera Rampungkan Pleno Rekapitulasi

Ketua KPU Jakarta Timur Sebut Sejumlah Keluarga KPPS yang Meninggal Tolak Santunan yang Diberikan

Anggota KPU Jakarta Timur yang Meninggal Bertambah jadi 14 Orang

Wage menuturkan Mulai besok hingga akhir, pleno rekapitulasi suara kota Jakarta Timur yang menyisakan enam kecamatan bakal digelar di gedung KNPI Rawamangun.

Belum dapat memastikan apakah pleno rekapitulasi suara dapat rampung besok atau justru berlangsung hingga tenggat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi habis pada Minggu (12/5/2019).

Pasalnya dari enam kecamatan, baru empat kecamatan yang sudah merampungkan penghitungan dan kini menyelesaikan proses administrasi, sementara dua kecamatan lagi masih dalam tahap penghitungan.

"Kita lagi kontak KPU DKI, DKI lagi nanya kesiapan kita juga, koordinasi jalan terus. Yang belum Kecamatan Pulo Gadung itu sisa sekitar 10 TPS, Duren Sawit kabarnya tinggal 50 TPS," ujarnya.

Wage mengakui dimulainya pleno rekapitulasi pukul 09.00 WIB lalu ditunda hingga 21.30 WIB menghambat proses karena tingkat kelelahan seluruh pihak yang terlibat kian berat.

Namun menurutnya hal itu lebih baik ketimbang memaksakan pikiran dan tubuh menunggu pengiriman logistik dari tingkat kecamatan dalam waktu yang tidak jelas.

Perihal pleno rekapitulasi untuk Kecamatan Kramat Jati yang dimulai pukul 21.30 WIB nanti, Wage mengatakan tak bakal memaksakan kondisi sekalipun Jatinegara sudah mengirimkan logistik.

"Liat sikon juga, kita juga enggak bakalan forsir kahwatir nanti kesehatan juga nomor satu ya. Tapi kami maksimalkan, masih ada besok. Jatah provinsi sampai tanggal 12, kita maksimalkan. Insya Allah besok tingkat kota selesai," tuturnya.

Wage mengatakan belum rampungnya pleno rekapitulasi karena Jakarta Timur merupakan kota dengan jumlah TPS terbanyak, sementara Cakung jadi kecamatan dengan jumlah TPS terbanyak.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved