Jabodetabek Banjir

Kali Bekasi Meluap, Sejumlah Wilayah Tergenang Banjir Hampir 2 Meter

Akibatnya, sejumlah pemukiman warga di Kota Bekasi mengalami banjir hingga hampir dua meter.

Kali Bekasi Meluap, Sejumlah Wilayah Tergenang Banjir Hampir 2 Meter
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Warga mulai membersihkan rumah usai dilanda banjir imbas luapan Kali Bekasi yang terjadi sejak pagi tadi, (11/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Hujan deras yang melanda kawasan Bogor Jawa Barat membuat debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi mengalami peningkatan.

Akibatnya, sejumlah pemukiman warga di Kota Bekasi mengalami banjir hingga hampir dua meter.

Wakil Ketua Satgas Badan Penangangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Karsono mengatakan, tinggi muka air di Kali Bekasi mencapai 650 sentimeter atau telah capai top level.

"Peningkatan tinggi muka air telah terpantau naik sejan dini hari, puncaknya sekitar pukul 07.00 WIB diaman TMA (tinggi muka air) sudah top level dan menyebabkan sejumlah perumahan terdampak banjir dari limpasan Kali Bekasi," kata Karsono.

Sejumlah wilayah yang terdampak banjir diantaranya di Jatiasih yakni Perumahan Pondok Mitra Lestari, dan Perumahan Pondok Gede Permai.

Karsono menjelaskan, terjadi kebocoran tanggul yang menyebabkan air membanjiri dua perumahan tersebut.

Warga mulai membersihkan rumah usai dilanda banjir imbas luapan Kali Bekasi yang terjadi sejak pagi tadi, (11/5/2019).
Warga mulai membersihkan rumah usai dilanda banjir imbas luapan Kali Bekasi yang terjadi sejak pagi tadi, (11/5/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Sementara itu, banjir juga terjadi di wilayah Bekasi Timur tepatnya di Kelurahan Marhahayu, sejumlah pemukiman warga di Jalan Mayor Oking RT 04/02 serta di Jalan Mawar VI RW03 teredam banjir hingga setinggi 175 sentimeter atau hampir dua meter.

Lalu banjir juga merendam pemukiman warga di Jalan Kali Maya Patal, Kampung Lengkak RW08, serta Kampung Lebak di Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara.

"Banjir mulai terjadi sejak pagi ketika air Kali Bekasi meluap di Bendung Bekasi di Jalan Mayor M Hasibuan, saat ini sejumlah daerah mulai terpantau surut sejak menjelang siang tadi," jelas dia.

Sementara itu, pantauan TribunJakarta.com di wilayan RT01, RW03, Gang Mawar VI, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur banjir telah surut, warga yang terdampak banjir nampak sibuk membersihkan rumah dari lumpur.

"Dari jam 1 udab surut, tadi banjir di rumah saya sekitar 80 sentimeter, kalau yang belakang deket kali bisa hampir 2 meter, cuma udah surut Alhamdulillah, banjir kiriman," kata Leni warga yang terdampak banjir.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved