Ramadan 2019

Masjid Al Musyariin Basmol Sudah Lakukan Pemantauan Hilal Sejak 1958

Istilah orang Betawi itu namanya cablak. Kita kekernya juga pakai mata telanjang," kata Sarnubi.

Masjid Al Musyariin Basmol Sudah Lakukan Pemantauan Hilal Sejak 1958
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Teropong yang digunakan di Masjid Al Musyariin untuk melakukan pemantauan hilal tiap awal Ramadan dan awal Syawal. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Masjid Al Musyariin di Kampung Basmol, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat adalah salah satu tempat di Jakarta yang dijadikan lokasi pemantauan hilal tiap tahunnya.

Pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadan dan awal Syawal dilakukan di atap Masjid Al Musyariin menggunakan teropong dan juga alat keker manual.

Pengurus DKM Masjid Al Musyariin Sarnubi Arsyad, pemantauan hilal di masjid ini telah berlangsung sejak tahun 1958 oleh Syekh Abdul Madjid Bin Abdurahman Al Kaff.

Syekh Abdul Madjid Bin Abdurahman Al Kaff merupakan tokoh agama di wilayah Jakarta yang makamnya juga berada di halaman Masjid Al Musyariin.

Kala itu, pemantauan hilal tidak dilakukan di atap masjid, melainkan di lapangan Pasilo Basmol yang saat ini sudah menjadi aliran Kali Cengkareng Drain.

"Jadi memang Masjid Al Musyariin itu adalah salah satu masjid tertua di Kecamatan Kembangan dan banyak kiai besar yang mengajar disini," kata Sarnubi saat berbincang dengan TribunJakarta.com, Sabtu (11/5/2019).

Sarnubi menuturkan kala itu pemantauan hilal dilakukan secara manual dan dikeker menggunakan besi yang bagian atasnya bisa digerakan untuk menandai munculnya hilal.

"Istilah orang Betawi itu namanya cablak. Kita kekernya juga pakai mata telanjang," kata Sarnubi.

Sarnubi menuturkan penggunaan teropong di masjid ini baru ada sejak 2007 ketika Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved