Ramadan 2019

Melihat Pohon Kurma yang Hanya Tumbuh Saat Ramadan di Masjid Agung Al-Barkah Bekasi

Masjid Agung Al-Barkah di Jalan Veteran, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi memiliki pohon kurma yang berbuah setiap tahunnya

TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Pohon Kurma di Masjid Agung Al-Barkah Bekasi, Jalan Veteran, Bekasi Selatan Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Masjid Agung Al-Barkah di Jalan Veteran, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi memiliki pohon kurma yang berbuah setiap tahunnya.

Masjid yang mejadi ikon Kota Bekasi ini memilik halaman utama yang di dalamnya berdiri tegak pohon kurma yang ditanam sejak 2004 silam.

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Barkah Bekasi, Wahyu Alamsyah mengatakan, tanaman khas timur tengah itu awalnya sengaja ditanam sebagai hiasan mendampingi tanaman lainnya yang ada di halaman masjid.

"Jadi sejak 2004 masjid ini rampung direnovasi ditanamlah pohon kurma sebagai hiasa, kita beli pohonnya dari daerah Banten waktu itu," kata Wahyu, Sabtu (11/5/2019).

Terdapat 12 pohon kurma yang ditanam di halaman Masjid Agung Al-Barkah Bekasi.

Dari 12 pohon itu, diawal-awal penanaman, hanya tiga yang dapat berbuah rutin setiap tahunnya.

Namun saat ini, Wahyu mengungkapkan, hanya tersisa enam pohon kurma yang masih berdiri di halam Masjid Agung Al-Barkah.

Satu diantaranya masih dapat berbuah.

"Sudah banyak yang gugur jadi hanya tersisa enam pohon saja, mungkin karena iklim kali ya usia tanamannya tidak bisa bertahan lama," jelas dia.

Kehadiran pohon kurma di Masjid Agung Al-Bekasi menambah unik masjid yang menjadi ikon kota tersebut.

Masyakat yang ingin melihat langsung pohon kurma yang sedang berbuah dapat mampir ke Masjid Agung Al-Barkah Bekasi saat bulan ramadan seperti ini.

Wahyu menjelaskan, pohon kurma di Masjid Agung Al-Barkah Bekasi memang biasa mulai berbuah setiap memasuki bulan suci ramadan.

"Jelang puasa sudah mulai kelihatan berbuah, nanti baru bisa dipanen setelah lebaran karena sekarang masih pada hijau," kata Wahyu.

Pohon Kurma di Masjid Al Mukarromah Kampung Bandan Berbuah Tiap Momen Ramadan

4 Manfaat Kurma yang Jarang Diketahui, Kembalikan Tenaga Seketika Berbuka Puasa Sampai Atasi Anemia

Adapun untuk satu pohon dapat menghasilkan ribuan kurma khas Bekasi, DKM biasa akan memanen dengan cara memetik buah yang sudah menguning untuk selanjutnya dibagikan ke jamaah masjid.

"Kalau yang masih hijau enggak kita panen dulu, dia kaya buah pinang, beda dengan yang di asalnya (timur tengah) kalau kurma sini bisa dibilang kurma muda tapi sama-sama manis," jelas dia.

Untuk merawat pohon kurma yang tersisa enam pohon, DKM Agung Al-Barkah memberikan pupuk kandang satu kali setiap bulannya agar tetap tumbuh subur dan bisa berbuah setiap tahunnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved