Potret Toleransi Umat Beragama Membagikan Takjil di Pinggir Jalan Kabupaten Tangerang

Ada pemandangan yang sangat langka terlihat di kawasan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang perihal keberagaman umat beragama.

Potret Toleransi Umat Beragama Membagikan Takjil di Pinggir Jalan Kabupaten Tangerang
TribunJakarta/Ega Alfreda
Umat beragama saat membagikan makanan pembuka puasa bersama Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif di depan Mapolsek Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (13/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Ada pemandangan yang sangat langka terlihat di kawasan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang perihal keberagaman umat beragama.

Sebab, para pemuka beberapa agama yang berbeda saling membagikan takjil kepada pengendara yang melintas di depan Mapolsek Tigaraksa pada Senin (13/5/2019).

Kegiatan toleransi agama itu diikuti oleh Suster-Suster Fransiskanes Dongen (SFD), Hubungan Antar Agama dan Keyakinan (HAAK) Gereja Santa Odilia Paroki Citra Raya, Cikupa, dan Bikhus Dantik.

Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif mengatakan pembagian takjil oleh forum lintas agama merupakan wujud toleransi, tenggang rasa, dan penghormatan kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Polisi Tangkap Penjambret Tas Mahasiswi di Tigaraksa

VIDEO Jual Beragam Camilan, Wanita Paruh Baya Ini Tempuh Perjalanan dari Tigaraksa hingga ke Jakarta

Nenek Penjual Serba-Serbi Camilan, Menempuh Perjalanan dari Tigaraksa hingga ke Jakarta

"Takjil dibagikan kepada pengendara roda dua, roda empat, atau masyarakat yang lewat di sini (Mapolsek Tigaraksa)," ucap Sabilul.

Imbauan agar senantiasa tertib berlalu lintas selama bulan suci Ramadan pun turut diberitahukan Sabilul kepada pengendara sembari membagikan takjil.

Umat beragama saat membagikan makanan pembuka puasa bersama Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif di depan Mapolsek Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (13/5/2019).
Umat beragama saat membagikan makanan pembuka puasa bersama Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif di depan Mapolsek Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (13/5/2019). (TribunJakarta/Ega Alfreda)

Menurut Sabilul, keberagaman agama memeriahkan Ramadan 1440 H di Kabupaten Tangerang menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Tangerang adalah masyarakat yang toleran.

"Pembagian takjil yang melibatkan lintas agama adalah implementasi saling menghormati dan saling menghargai yang harus selalu ditumbuhkan," tukasnya.

Sabilul pun memastikan, pelaksanaan ibadah puasa Ramadan di wilayahnya aman dan kondusif tampa kericuhan.

Ia pun meminta agar masyarakat saling menghormati dan tidak melakukan tindakan di luar koridor hukum seperti melakukan penyisiran atau sweeping secara ilegal.

"Bila ada keresahan atau hal lain, langsung sampaikan ke polisi. Kami akan tindak lanjuti. Jangan main hakim sendiri," tegas Sabilul.

Sabilul pun mengajak masyarakat untuk bersatu tanpa mempermasalahkan latar belakang agama, suku, kelompok, atau pandangan politik.

"Bulan Ramadan, kita bersatu, fokus ibadah, jangan sampai puasa kita tercuri hiruk-pikuk politik," tandasnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved