Pileg 2019

PPP dan Nasdem Tenggelam, PSI Dapat 4 Kursi, Begini Konstelasi Kursi Dewan di Tangerang Selatan

Dari data hasil rekapitulasi yang TribunJakarta.com himpun, berikut daftar partai dan jumlah kursi yang didapat pada Pileg 2019:

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Anggota dewan dalam sidang paripurna di gedung DPRD Tangsel yang masih dalam pengerjaan alias belum jadi, di jalan Raya Puspiptek, Setu, Tangsel, Senin (26/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNKAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Istilah politik tidak bisa ditebak benar-benar terjadi di Tangerang Selatan (Tangsel).

Pileg 2019 berhasil menggusur kursi petahana dari Partai NasDem dan PPP.

Selain tumbangnya anggota dewan dari dua partai besar itu, alias tidak mendapatkan kursi, lahir partai baru yang langsung menyabet empat kursi menyalip senior-seniornya.

Partai itu adalah PSI.

Paling tidak hal itu terlihat dari hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota Tangsel untuk jenis suara DPRD kota, dan dibandingkan dengan jumlah kursi dan partai yang mendudukinya pada periode 2014-2019.

Dua Kursi Golkar Deretan Caleg Baru, Ini Hasil Rekapitulasi DPRD Tangsel Dapil Setu dan Serpong

Dari data hasil rekapitulasi yang TribunJakarta.com himpun, berikut daftar partai dan jumlah kursi yang didapat pada Pileg 2019:

Jumlah kursi:
Golkar: 10
Gerindra: 8
PDIP: 8
PKS: 8
Demokrat: 5
PSI: 4
PKB: 4
PAN: 2
Hanura: 1

Sedangkan pada tahun 2014, NasDem dan PPP berhasil mendapat beberapa kursi di dewan Tangsel:

Golkar: 9
PDIP: 9
Gerindra: 7
PKS: 5
PKB: 3
Demokrat: 3
PPP: 2
Hanura: 6
PAN: 3
NasDem: 3

Dari data di atas, bukan hanya NasDem dan PPP, Hanura juga berada di ujung tanduk dengan hanya memperoleh satu kursi dari enam daerah pemilihan (dapil).

Selain PSI yang merebut empat kursi, jatuhnya tiga partai itu juga disebabkan beberapa partai yang mengalami penambahan kursi yang signifikan, yakni Demokrat dan PKS.

Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro, mengatakan, hasil di tingkat kota masih belum dikatakan final karena harus melewati rekapitulasi di tingkat provinsi dan pusat.

"Belum bisa, masih habis ini rekapitulasi di tingkat provinsi dan pusat. Kalau ada keberatan diajukan ke MK," ujar Bambang setelah rekapitulasi di wilayahnya.

Hari ini, Senin (13/5/2019), rekapitulasi di provinsi Banten sudah rampung dan sedang berlangsung di tingkat pusat sampai Rabu (22/5/2019) mendatang.

Setelah diumumkan di tingkat pusat, bagi peserta Pemilu 2019 bisa mengajukan keberatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) satu hari setelahnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved