Pemilu 2019

Pleno Rekapitulasi Suara kembali Molor, Komisioner KPU Jakarta Timur: Kami juga Sudah Capek

"Kami juga sudah capek, kan proses rekapnya diundur-undur. Sekarang mereka lagi pada pleno. Mudah-mudahan, karena besok tinggal sehari lagi," katanya

Pleno Rekapitulasi Suara kembali Molor, Komisioner KPU Jakarta Timur: Kami juga Sudah Capek
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan, Suhanda di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Meski KPU RI telah memberi perpanjangan waktu selama tiga hari sejak Minggu (12/5/2019), pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi DKI belum dimulai karena masih menunggu Kota Jakarta Timur.

Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan, Suhanda mengakui pihaknya masih kelabakan merampungkan pleno tiga dari 10 kecamatan yang belum dibawa ke tingkat kota.

Target pleno rekapitulasi untuk Kecamatan Cakung yang harusnya dilakukan semalam gagal karena Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cakung baru memulai pleno rekapitulasi siang tadi sekira pukul 09.30 WIB.

"Cakung itu baru pleno itu tadi, pleno DA1-nya. Duren Sawit dan Pulo Gadung juga sama. Kita berharap sih semua kecamatan kelar pleno DA1 sehingga proses rekap di kota enggak lagi diundur-undur lagi," kata Suhanda di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019).

Melesetnya seluruh prediksi KPU Jakarta Timur bahwa logistik Kecamatan Cakung dapat tiba ri Gedung KNPI Rawamangun tempat pleno Kota Jakarta Timur digelar karena DAA1 dan DA1.

DAA 1 yakni hasil rekapitulasi setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di satu kelurahan, sedangkan DA 1 merupakan hasil rekapitulasi setiap kelurahan di satu kecamatan.

KPU Jakarta Timur Sebut Minimnya Petugas Jadi Sebab Rekapitulasi Suara Molor

"Karena persoalan DA1 dan DAA1 ini. Pertama, terkadang saksi minta diulang untuk disebutkan, perlu tanda tangan banyak juga. Ada 16 saksi, dikali sekian lembar. Begitu juga ketika penggandaan, fotokopi, juga membutuhkan waktu yang lama," ujarnya.

Suhanda menegaskan KPU Jakarta Timur telah berupaya mempercepat proses pleno rekapitulasi tingkat kecamatan yang seharusnya beres pada Rabu (8/5/2019) dengan memberi bantuan tenaga.

Sejumlah anggota PPK yang sudah hasil penghitungannya sudah disahkan di tingkat kota dikirim ke kecamatan lain, sementara Komisioner KPU Jakarta Timur ikut memantau jalannya proses pleno.

"Kami  juga sudah capek, kan proses rekapnya diundur-undur. Sekarang mereka lagi pada pleno. Mudah-mudahan, karena besok tinggal sehari lagi. Sore atau malem kalau ada (logistik) yang masuk kita coba plenokan," tuturnya.

Pleno Rekapitulasi Molor, KPU Jakarta Timur: Ini Kejadian Pertama

Pantauan TribunJakarta.com, kondisi Gedung KNPI Rawamangun tempat pleno digelar tampak sepi karena pleno rekapitulasi tingkat kota terpaksa ditunda entah sampai kapan.

Selain aparat gabungan yang mondar-mandir berjaga di sekitar lokasi, aktivitas hanya terlihat di lantai tiga gedung KNPI tempat pleno Kecamatan Pulogadung digelar.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved