Pemilu 2019

Diprediksi Rampung Terakhir, Pleno Rekapitulasi Duren Sawit justru Lebih Cepat

Meski disalip Kecamatan Duren Sawit, Wage menuturkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cakung tetap berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Diprediksi Rampung Terakhir, Pleno Rekapitulasi Duren Sawit justru Lebih Cepat
TribunJakarta/Bima Putra
Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana di Pulo Gadung, Minggu (12/5/2019). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota Jakarta Timur yang kemarin malam dijadwal untuk Kecamatan Cakung justru digunakan untuk Kecamatan Duren Sawit yang diprediksi paling molor.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan tertinggalnya Cakung karena dinamika saat rapat pleno dan proses administrasi dokumen karena merupakan kecamatan dengan jumlah TPS terbanyak se-Indonesia.

"Sebenarnya Cakung itu kalau normal saja lebih dulu daripada Duren Sawit, sebab faktor eksternal sebagai dinamika saksi dan persiapan dokumen yang sangat banyak makannya kesalip," kata Wage di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (15/5/2019).

Meski disalip Kecamatan Duren Sawit, Wage menuturkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cakung tetap berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Rekap Suara Kecamatan Duren Sawit Rampung, Tinggal 2 Kecamatan Lagi di Jakarta Timur

Pasalnya pleno rekapitulasi Kecamatan Cakung lebih dulu rampung dibanding Kecamatan Pulogadung dan logistiknya sudah berada di Gedung KNPI Rawamangun tempat pleno kota digelar.

"Cakung sudah selesai, logistik sudah tiba di sini. Pulogadung sekarang sedang pleno Kecamatan, sejelek-jeleknya selesai habis salat Tarawih malam ini," ujarnya.

Pantauan TribunJakarta.com di Gedung KNPI Rawamangun, rapat pleno rekapitulasi suara Kecamatan Cakung yang sempat tertunda dua hari dimulai pukul 11.25 WIB.

Sementara rapat pleno rekapitulasi suara Kecamatan Pulogadung yang juga digelar di Gedung KNPI Rawamangun juga ditarget beres di hari ini.

"Pulo Gadung kan rapat plenonya juga di gedung ini, jadi enggak butuh waktu untuk pengiriman logistik. Insya Allah semua lancar hari ini," tuturnya.

Sebagai informasi, pleno rekapitulasi suara Kecamatan Duren Sawit diprediksi paling akhir tiba di tingkat kota karena sejak tahap penghitungan suara progresnya paling lambat.

Logistik Kecamatan Duren Sawit Belum Dikirim, Pleno Rekapitulasi Suara Kota Jaktim Butuh Sehari Lagi

Wage mengatakan proses penghitungan suara Kecamatan Duren Sawit terhambat karena sempitnya Gedung Senam tempat penghitungan dan pleno rekapitulasi suara berlangsung.

Di penghujung waktu, KPU Jakarta Timur bahkan sampai mendirikan tenda di luar gedung karena luas gedung tak memungkinkan untuk menambah kelas penghitungan.

"Kendalanya tempat, karena tempat rekapitulasinya sangat kecil sedangkan TPS-nya banyak. Bahkan untuk jalan pun kita harus miring-miring," kata Wage, Rabu (8/5/2019).

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved