Pemilu 2019

Tujuh Spanduk Deklarasi Kemenangan Capres di Jakarta Timur Dicopot

Bawaslu RI telah mengeluarkan surat edaran agar semua peserta Pemilu tak deklarasi sebelum KPU RI menetapkan pemenang.

Tujuh Spanduk Deklarasi Kemenangan Capres di Jakarta Timur Dicopot
TribunJakarta/Bima Putra
Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Divisi Sumber Daya Manusia, Tami Widi Astuti di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (15/5/2019). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULO GADUNG - Bawaslu RI telah mengeluarkan surat edaran tentang Ketentuan Penetapan dan Deklarasi Hasil Pemilu 2019 agar semua peserta Pemilu tak melakukan deklarasi kemenangan sebelum KPU RI menetapkan pemenang.

Namun sejumlah pihak memilih mengabaikan imbauan Bawaslu RI dan lebih memilih melakukan deklarasi kemenangan, satu cara di antaranya lewat spanduk deklarasi kemenangan Capres.

Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Tami Widi Astuti mengatakan hingga kini sudah ada tujuh spanduk deklarasi kemenangan Capres yang diturunkan.

"Sampai sekarang sudah tujuh spanduk deklarasi kemenangan Capres di wilayah Jakarta Timur yang diturunkan. Diturunkan karena melanggar ketertiban umum," kata Tami di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (15/5/2019).

Penertiban teranyar yang dilakukan anggota Bawaslu dan Satpol PP Jakarta Timur dilakukan di wilayah Kecamatan Matraman siang tadi.

Empat spanduk deklarasi kemenangan Capres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan satu spanduk deklarasi kemenangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang bertengger di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dicopot.

Ini Penjelasan Bawaslu Jakarta Timur atas Walk Out Saksi Golkar dari Rapat Pleno

Sekjen Golkar DKI Dilaporkan ke Bawaslu

Respon Jokowi Soal Pria Ancam Penggal Kepalanya, Hingga Pelaku Bolos Kerja Demi Ikut Demo di Bawaslu

Kelar Diperiksa Bawaslu, Saksi Kunci Serangan Fajar di Lubang Buaya Menghilang

"Hari ini ada lima spanduk deklarasi kemenangan yang dicopot jajaran Bawaslu dan Satpol PP Jakarta Timur. Spanduk yang dicopot di wilayah Matraman sampai Pramuka," ujarnya.

Hingga kini, Bawaslu dan Satpol PP Jakarta Timur masih menyisir keberadaan spanduk dan baliho deklarasi kemenangan Capres agar segera ditertibkan.

Lantaran tak termasuk Alat Peraga Kampanye (APK), Tami menjelaskan Satpol PP dapat langsung melakukan penertiban tanpa menunggu rekomendasi Bawaslu.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved