Pemilu 2019

Bawaslu Sesalkan Saksi Partai Golkar yang Walk Out Saat Rapat Pleno Jakarta Timur

Bawaslu Jakarta Timur menyesalkan sikap saksi Partai Golkar yang memilih walk out dari rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019.

Bawaslu Sesalkan Saksi Partai Golkar yang Walk Out Saat Rapat Pleno Jakarta Timur
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Koordinator saksi Partai Golkar Rudy Darmawan saat menyatakan keberatannya di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (15/5/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULO GADUNG - Bawaslu Jakarta Timur menyesalkan sikap saksi Partai Golkar yang memilih walk out dari rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota Jakarta Timur pada Rabu (15/5/2019) kemarin.

Ketua Bawaslu Jakarta Timur Sakhroji mengakui walk out merupakan hak pribadi, namun rapat pleno merupakan rangkaian Pemilu 2019 yang merupakan hajat seluruh masyarakat Indonesia.

"Proses rekapitulasi ditingkat Kota merupakan hajatan kita bersama, selayaknya diikuti oleh semua peserta pemilu, Kami merasa kehilangan saksi yang kritis," kata Sakhroji di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2019).

Lantaran rapat pleno rekapitulasi Jakarta Timur kembali molor dan menyisakan satu kecamatan yakni Pulo Gadung, Sakhroji berharap saksi Partai Golkar kembali mengikuti pleno.

Dia menjamin Bawaslu menerima seluruh laporan pelanggaran dan mengusutnya selama pelapor memiliki bukti yang dapat menunjukkan kebenaran laporan tersebut.

"Harapan kami nanti masih ada satu kecamatan tersisa, semua peserta pemilu dapat hadir mengikuti proses rekapitulasi," ujarnya.

Meski penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jakarta Timur terus mendapat sorotan karena setelah diberi perpanjangan waktu tiga hari sejak Minggu (12/5/2019) pleno rekapitulasi urung beres.

Sakhroji menyebut seluruh keberatan yang disampaikan peserta Pemilu dapat diselesaikan dengan baik sehingga tak pernah ada saksi yang walk out sebelumnya.

"Jika ada keberatan terkait ada selisih jumlah perolehan suara dapat diselesaikan di forum rapat pleno. Beberapa Partai sudah melakukan keberatan tersebut dan dapat terselesikan," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved