Pemilu 2019

Pleno Rekapitulasi Kecamatan Pulogadung Dimulai Siang Ini

Wage menuturkan pleno rekapitulasi Kecamatan Pulogadung dimulai sekira pukul 12.30 WIB dan segera dibawa ke tingkat kota untuk diplenokan.

Pleno Rekapitulasi Kecamatan Pulogadung Dimulai Siang Ini
TribunJakarta/Bima Putra
Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana di Pulo Gadung, Minggu (12/5/2019). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Kesalahan penghitungan suara jenis pemilihan DPR di Kecamatan Pulogadung yang baru diketahui kemarin malam berbuntut panjang karena hingga kini hingga pukul 12.00 WIB rapat pleno Pulogadung belum rampung.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan belum dimulainya pleno Kecamatan Pulogadung karena operator yang menginput data lewat laptop pulang tanpa memberi kabar lebih dulu.

Lantaran operator pulang tanpa kabar dan memberi tahu nama file data yang telah dihitung ulang dan pleno Kecamatan Pulogadung gagal selesai semalam dan harus meminta perpanjangan waktu lagi.

"Operatornya pulang terus nyimpen datanya di laptop, tapi kita enggak tahu nama filenya. Kita sudah konfirmasi, datanya segera digabungkan langsung di DAA1 sistem kemudian diplenokan," kata Wage di Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2019).

Wage menuturkan pleno rekapitulasi Kecamatan Pulogadung dimulai sekira pukul 12.30 WIB dan segera dibawa ke tingkat kota untuk diplenokan.

Kecamatan Pulogadung Bakal Tutup Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Kota Jakarta Timur

Meski tak bisa memprediksi berapa lama waktu pleno karena adanya kemungkinan saksi mengajukan keberatan, dia memprediksi butuh sekitar satu jam untuk administrasi.

"Saya sih beranggapan jam 1 siang itu maksimal pleno Kecamatan Pulogadung sudah selesai. Setelah itu langsung dikirim ke kota, Insya Allah sudah ke Bidakara (tingkat Provinsi) malam ini," ujarnya.

Perihal sikap KPU dan Bawaslu DKI Jakarta, Wage menyebut KPU Jakarta Timur dan DKI telah mengantongi surat edaran (SE) perpanjangan waktu selama tiga hari.

Namun dia berharap pleno Jakarta Timur rampung hari ini dan segera dibawa ke tingkat Provinsi guna memenuhi target pengunguman pemenang KPU RI pada Rabu (22/5/2019) nanti.

"Sudah ada SE juga yang membolehkan 3 hari ke depan, jadi hari ini, besok dan lusa. Pulo Gadung yang bermasalah hanya Kelurahan Pisangan Timur, dan itu hanya DPR saja," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved