Pengalaman Dua Perwira TNI AL yang Puasa di Kapal Perang Australia

Selama berada di dalam kapal, dua perwira muda ini masih bisa menjalankan ibadah puasa mereka dengan sempurna.

Pengalaman Dua Perwira TNI AL yang Puasa di Kapal Perang Australia
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Lettu Virnando Nevi (kiri) dan Lettu Sandy Pradhina, dua anggota TNI AL yang berlayar bersama Angkatan Bersenjata Australia, Sabtu (18/5/2019) di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Dua anggota TNI AL mengikuti misi bilateral Angkatan Bersenjata Australia bertajuk Indo-Pacific Endeavour 2019.

Mereka, Lettu Virnando Nevi dan Lettu Sandy Pradhina, ikut dalam satu dari empat kapal Angkatan Laut Australia yang dikerahkan dalam misi itu.

Keduanya on board di HMAS Canberra berjenis kapal induk amfibi selama 9 hari, 10-18 April 2019, yang mana masih dalam rangkaian bulan Ramadan tahun ini.

Selama berada di dalam kapal, dua perwira muda ini masih bisa menjalankan ibadah puasa mereka dengan sempurna.

Bahkan, menurut Virnando, mereka merasa dihargai selama menjalankan ibadah puasa di dalam kapal asing itu.

"Kebetulan kita juga orang Muslim, jadi segala sesuatunya yang berhubungan dengan ibadah, mereka sangat menghargai sekali," kaya Virnando usai berlabuh di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019).

Virnando mengatakan, pihak Angkatan Laut Australia sangat menghargai dan memberikan kesempatan kepadanya dan Lettu Sandy untuk memanfaatkan waktu demi menunaikan ibadah.

Dua kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra dan HMAS Newcastle berlabuh di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019).
Dua kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra dan HMAS Newcastle berlabuh di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Mereka pun disediakan tempat untuk menjalankan salat lima waktu di dalam kapal itu.

Bahkan, menurut Virnando, disiapkan seorang petugas dari Australia yang siap mendampingi mereka selama menjalankan ibadah puasa di dalam kapal.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved