Info Mudik 2019

Pengurus PO Terminal Pulo Gebang Pesimis Kemenhub Bisa Hapus Terminal Bayangan

Selama 29 tahun berkecimpung di dunia PO, Martahan menilai hanya segelintir pejabat yang berhasil melenyapkan terminal bayangan di wilayah DKI Jakarta

Pengurus PO Terminal Pulo Gebang Pesimis Kemenhub Bisa Hapus Terminal Bayangan
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kondisi ruang tunggu penumpang di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (19/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Niat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang ingin mengambil alih kepengurusan Terminal Pulo Gebang dari Pemprov DKI Jakarta tak sepenuhnya membawa angin segar bagi perusahaan otobus (PO).

Pengurus PO Sahabat Martahan Hutagaol mengaku pesimis pemerintah pusat dapat melenyapkan terminal bayangan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan terus menghantui sampai sekarang.

"Saya enggak yakin pemerintah pusat bisa menghilangkan terminal bayangan, karena mereka juga tahu kalau sampai sekarang ada terminal bayangan. Masa pemerintah enggak tahu," kata Martahan di Terminal Pulo Gebang, Minggu (19/5/2019).

Selama 29 tahun berkecimpung di dunia PO, Martahan menilai hanya segelintir pejabat yang berhasil menghapus terminal bayangan di wilayah DKI Jakarta.

Pengelola Terminal Pulo Gebang Minta Pemerintah Pusat dan PO Bantu Hapus Terminal Bayangan

Dia menyebut nama bekas Kepala Terminal Pulo Gadung Abdul Halim yang dikagumi pengusaha PO karena ketegasannya menindak terminal bayangan.

"Di terminal bayangan itu banyak yang 'bermain' dan dapat untung, enggak mudah menghapusnya. Termasuk pemerintah pusat, belum tentu bisa hapus terminal bayangan," ujarnya.

Meski mengaku ikut serta dalam pertemuan antara PO dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Jumat (17/5/2019) lalu, dia mengaku tetap pesimis.

Menurutnya keberadaan terminal bayangan dari tahun ke tahun justru kian subur sehingga menggerogoti keuntungan PO yang selama ini membayar retribusi.

"Di Galur, Pinang Ranti, Tanah Merdeka, Pluit, Slipi, Pejompongan, Grogol, Cakung, Harapan Indah, Warung Jengkol, Kalimalang itu semua terminal bayangan. Sudah banyak PO yang bangkrut juga," tuturnya.

Kondisi di Terminal Bayangan Flyover Pasar Rebo, Jumat (12/4/2019)
Kondisi di Terminal Bayangan Flyover Pasar Rebo, Jumat (12/4/2019) (TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina)
Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved