Pilot IR yang Posting Hasutan Aksi 22 Mei Telah Ditetapkan Tersangka

Setelah menjalani pemeriksaan intensif, IR, pilot yang menyebarkan ujaran kebencian dan hasutan untuk aksi 22 Mei telah ditetapkan sebagai tersangka.

Pilot IR yang Posting Hasutan Aksi 22 Mei Telah Ditetapkan Tersangka
ISTIMEWA/Dokumentasi Polres Jakarta Barat
IR, pilot yang diamankan Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat karena melakukan ujaran kebencian di akun facebooknya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Setelah menjalani pemeriksaan intensif, IR, pilot yang menyebarkan ujaran kebencian dan hasutan untuk aksi 22 Mei telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sudah tersangka," kata Kanit Kriminal Khusus Polres Metro Jakarta Barat, AKP Rulian Syauri saat dikonfirmasi, Selasa (21/5/2019)

Rulian mengatakan IR disangkakan pelanggaran terhadap Undang-Undang ITE dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

Diketahui, IR yang merupakan pilot salah satu maskapai nasional ini ditangkap Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat di kediamannya di Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (18/5/2019).

IR ditangkap berdasarkan patroli Siber Subnit Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat karena memposting ujaran kebencian di akun facebooknya.

Dalam postingannya, IR menghasut masyarakat untuk melakukan perlawanan pada tanggal 22 Mei 2019 saat pengumumam resmi hasil rekapitulasi KPU RI.

Selain itu, IR juga telah dianggap menyebarkan hoaks, salah satunya yakni menyebut "Polri Siap Tembak di tempat perusuh NKRI”.

Neno Warisman Ajak Emak-emak Menginap di Bawaslu

Joko Susilo Divonis 7 Tahun Penjara karena Dianggap Ikut Pukuli The Jakmania Haringga Sirla

"Kontennya menarasikan tentang upaya-upaya perlawanan terhadap negara. Dan juga ada konten-konten yang berisi informasi hoaks, merekayasa gambar, isi, dan sebagainya sehingga menimbulkan atau menghasut orang untuk melakukan perlawanan termasuk benci terhadap institusi pemerintahan, termasuk negara," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi.

Adapun postingan dalam akun Facebook IR yang diperkarakan polisi yakni :

Halaman
12
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved