Pilpres 2019

Gugat Hasil Pilpres ke MK, Prabowo Disanjung SBY: Champions of Democracy

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhyono satu di antara tokoh yang memuji langkah Prabowo menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi.

Gugat Hasil Pilpres ke MK, Prabowo Disanjung SBY: Champions of Democracy
Tangkapan layar Kompas TV
Calon presiden Prabowo Subianto didampingi cawapres Sandiaga Uno berpidato di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019) siang, untuk mengomentari hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang diketok KPU RI pada Selasa dini hari. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Tanggapan calon presiden 02 Prabowo Subianto yang menggugat hasil Pilpres 2019 dengan mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi sangat diapresiasi.

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhyono satu di antara tokoh yang menilai dan memuji langkah Prabowo yang demikian sangat tepat.

"Paslon 02 juga merasa pengumuman hasil rekapitulasi tersebut dilaksanakan dalam waktu yang janggal di luar kebiasaan," ujar Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019) siang.

Menindaklanjuti penolakan ini, Prabowo-Sandi akan melakukan upaya hukum sesuai konstitusi dalam rangka membela kedaulatan rakyat dan hak konstitusinya yang dirampas.

SBY mengucapkan syukur dan lega dengan sikap Prabowo tersebut, karena akan dikenang oleh generasi penerus bangsa nantinya.

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyikapi hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019 yang diumumkan KPU RI.
Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyikapi hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019 yang diumumkan KPU RI. (Tangkapan video)

Tanggapan SBY itu disampaikan melalui keterangan pers dari Singapura yang disebarkan ke media dalam bentuk video pada Selasa (21/5/2019) malam.

"Saya bersyukur dan lega karena Bapak Prabowo dalam menyampaikan penolakan atau gugatannya terhadap hasil Pilpres yang dihitung oleh KPU akan dilakukan melalui jalan konstitusi," ungkap SBY.

Menurut hemat SBY, langkah konstitusional ditempuh Prabowo yang menolak hasil Pilpres 2019 adalah melalui Mahkamah Konstitusi.

Gugatan sengketa Pemilu 2019 melalui MK memang diatur dalam konstitusi.

Namun demikian, SBY meminta Prabowo untuk menerima apapun hasil gugatan sengketa yang akan diputuskan MK nanti.

Halaman
1234
Penulis: Y Gustaman
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved