Pileg 2019

SBY Pastikan Demokrat Terima Hasil Pileg 2019 Meski Suara Turun, Ini Poin Evaluasinya

Hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu sudah disampaikan KPU RI dan Demokrat menerima seluruhnya meski suara partai turun.

Penulis: Y Gustaman | Editor: Y Gustaman
Tangkapan video
Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyikapi hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019 yang diumumkan KPU RI. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu sudah disampaikan KPU RI dan Demokrat menerima seluruhnya meski suara partai turun.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Demokat Susilo Bambang Yudhoyono dari Singapura melalui keterangan pers berupa video pada Selasa (21/5/2019).

Mulanya, SBY bersyukur dan lega karena isu akan terjadinya kerusuhan massa saat KPU RI mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu, terutama Pilpres, tak terjadi.

Lantaran selama ini banyak orang yang memperkirakan KPU tak bisa menuntaskan rekapitulasi suara Pemilu 2019 dengan baik dan tepat waktu, tapi nyatanya lebih cepat dari 22 Mei 2019.

Gugat Hasil Pilpres ke MK, Prabowo Disanjung SBY: Champions of Democracy

SBY Selamati Jokowi-Maruf Pemenang Piplres 2019, Ini Bentuk Dukungannya

"Berkaitan dengan hasil penghitungan suara untuk pemilu legislatif meskipun perolehan suara dan kursi Partai Demokrat di parlemen menurun pada prinsipnya kami menerima hasil pemilu legislatif tahun 2019 ini," ucap SBY.

Meski demikian, Partai Demokrat akan mewadahi para calegnya yang mengajukan gugatan hasil Pileg ke Mahkamah Konstitusi karena merasa dirugikan di dapilnya masing-masing.

"Padahal mereka telah berjuang secara jujur dan mentaati segala undang-undang tidaklah menghalang-halangi sikap kami untuk menerima hasil Pemilu 2019 ini," sambung dia.

Diketahui dari hasil rekapitulasi suara Pileg 2019, PDI Perjuangan terunggul dari sembilan partai politik yang melewati ambang batas parlemen 4 persen sehingga lolos Senayan.

Sisanya, sebanyak tujuh parpol mendapat suara di bawah empat persen atau tak lolos ambang batas parlemen.

Berdasarkan penetapan KPU, PDI Perjuangan meraih suara paling tinggi yaitu 27.053.961 suara atau 19,33 persen.

Di bawahnya menyusul Gerindra dengan perolehan suara 17.594.839 atau 12,57 persen.

Urutan ketiga ditempati oleh Golkar dengan 17.229.789 atau 12,31 persen.

Urutan keempat hingga terakhir secara berurutan yaitu PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN, PPP, Perindo, Berkarya, PSI, Hanura, PBB, Garuda, dan PKPI.

"Partai Demokrat juga mengucapkan selamat kepada partai-partai politik yang memiliki perolehan kursi di DPR yang lebih banyak dibandingkan Pemilu 2014 yang lalu," terang SBY.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved