Ada Dekorasi Berbahan Botol Minuman Bekas di Sejumlah Wahana di Ancol

Manajemen Ancol Taman impian berkreasi membuat dekorasi dari botol minuman bekas.

Ada Dekorasi Berbahan Botol Minuman Bekas di Sejumlah Wahana di Ancol
TribunJakarta.com/Afriyani Garnis
Miniatur kuda laut Terbuat dari ribuan botol minum bekas di Seaworld dan Ocean Dream Samudera di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Rabu (23/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Manajemen Ancol Taman impian berkreasi membuat dekorasi dari botol minuman bekas.

Coorporate Communication Ancol Taman Impian, Rika Lestari, mengatakan inisiatif tersebut untuk memberitahu publik ancaman sampah plastik terhadap lingkungan.

"Inisiatif pembuatan instalasi yang terbuat dari kemasan botol minum bekas selain sebagai dekorasi juga menyiratkan pesan tentang ancaman sampah plastik yang ada di sekitar kita," ujar Rika saat dikonfirmasi, Rabu (22/5/2019).

Ancol Taman Impian sebagai kawasan rekreasi tepi pantai merasa perlu mengedukasi pengunjung tentang bahaya sampah plastik tersebut.

Khususnya kepada pengunjung di Seaworld Ancol dan Ocean Dream Samudra sebagai wahana yang berkaitan dengan laut.

"Pantai salah satu muara yang paling terkena dampak dari polusi berbagai jenis sampah termasuk kemasan botol minum yang kita ketahui."

"Butuh waktu yang sangat lama bahkan tidak akan terurai dan sangat berdampak thd kualitas lingkungan terutama pantai," Rika menambahkan.

Sampah kemasan botol minum di kawasan Ancol dimanfaatkan oleh pengelola untuk digunakan kembali menjadi sebuah karya instalasi yang berfungsi sebagai dekorasi dan edukasi.

Diharapkan Rika, instalasi dekorasi ini dapat memberikan informasi kepada pengunjung untuk lebih bijak menggunakan kemasan botol minum dan peduli terhadap kualitas lingkungan yang lebih baik.

"Diinformasikan kepada pengunjung agar bisa lebih bijak dalam menggunakan kemasan botol minuman dan peduli terhadap kualitas lingkungan" imbaunya.

Dalam papan informasi di dekat dekorasi  tersebut sudah terdapat informasi mengenai jumlah sampah minuman plastik yang digunakan.

Informasi tersebut berupa lamanya sampah botol minuman plastik dan tutupnya akan terurai 400-600 tahun.

Dalam papan informasi itu juga terdapat hastag #Stopsampahplastik dan #2019GantiKemasanPlastik

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved