Pilpres 2019

MK Siap Terima Laporan Sengketa Pemilu yang Diajukan Prabowo-Sandi Hingga Malam Nanti

"Mekanismenya sama, pemohon mengajukan permohonan tertulis, rangkapnya 12, disertai alat bukti dan daftar alat bukti," kata Fajar.

MK Siap Terima Laporan Sengketa Pemilu yang Diajukan Prabowo-Sandi Hingga Malam Nanti
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Mahkamah Konstitusi (MK) masih belum mendapat informasi kapan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi akan mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 ke MK.

Kendati demikian, Juru Bicara MK, Fajar Laksono mengatakan pihaknya sudah siap menerima laporan tersebut.

"Intinya MK sejak Rabu kemarin begitu SK penetapan perolehan hasil pilpres ditetapkan oleh KPU, hari Rabu kita sudah siap menerima. Artinya kapanpun apakah hari ini, siang nanti atau sore nanti bahkan malam nanti intinya MK sudah siap," kata Fajar di MK, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Untuk mekanisme pendaftaran gugatan, Fajar mengatakan prosedurnya sama dengan pengajuan gugatan terhadap hasil pemilu legislatif.

"Mekanismenya sama, pemohon mengajukan permohonan tertulis, rangkapnya 12, disertai alat bukti dan daftar alat bukti," kata Fajar.

Jumlah Pendonor Menurun, Stok Darah di PMI Kota Bekasi Tidak Mencukupi

Perempat Final Piala Sudirman 2019: Indonesia Sementara Tertinggal 1-2 Lawan Taiwan

Istri KPU Cianjur Disebut Disekap dan Diikat, Begini Penjelasan Kapolres

Nantinya, kata Fajar, apabila gugatan telah diterima, maka sidang perdana akan dimulai pada 14 Juni dan hasilnya baru akan diputuskan pada 28 Juni 2019.

"Ini pengajuan permohonan, tapi permohonan ini nanti akan di registerasi 11 Juni. Permohonan itu berarti sudah menjadi perkara kemudian sidang pendahuluan akan dilaksanakan 14 Juni kemudian tanggal 17-21 Juni itu sidang pembuktian. kemudian tanggal 28 memutus perselisihan hasil pilpres," paparnya.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved