Pilpres 2019

Sebut Pemilu 2019 Berjalan Transparan, Komaruddin Hidayat: Rakyat Lebih Dewasa dari Tokoh Politik

Komaruddin Hidayat mengemukakan pemilu 2019 yang telah dilaksanakan berjalan dengan transparan, ini alasannya.

Tribunnews.com
Komaruddin Hidayat 

TRIBUNJAKARTA.COM - Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat memuji keputusan BPN Prabowo-Sandi yang akan menggugat hasil pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Tak hanya memuji sikap Prabowo, Komaruddin Hidayat juga menyebut pemilu 2019 berjalan transparan. 

Hal tersebut dikatakan Komaruddin Hidayat saat menjadi narasumber di acara Rosi Kompas Tv dilansir TribunJakarta.com pada Jumat (24/5).

Di awal perbincangan, Komaruddin Hidayat menuturkan aksi 22 Mei merupakan spontan dan tidak melibatkan kampus serta warga Jakarta yang tak terpengaruh.

"Ini bagi saya menunjukkan kalau demo 22 Mei tak masif dan isunya tak jelas, demo itu sasaran dan targetnya juga tak jelas karena Bawaslu telah selesaikan tugasnya.

Lain halnya kalau dari dahulu demonya itu dibawah, tiap jenjang dikawal. Kalau sekarang mah udah terlambat," ucap Komaruddin Hidayat.

BPN Gugat ke MK, Prabowo Tuai Pujian dari Yunarto Wijaya: Tanpanya Mungkin Tak Ada Ahok

BPN Ajukan Gugatan Pilpres ke MK, Andi Mallarangeng: Tantangan Berat Harus Membalikkan 9 Juta Data

Untuk itu adanya keputusan BPN Prabowo-Sandi yang bakal menggugat hasil pilpres 2019 ke MK merupakan sebuah tindakan yang menuai pujian dari Komaruddin Hidayat.

"Saya salut bahwa Prabowo ingin tempuh ke jalur konstitusi. Yang kedua, menyuarakan ke teman-temannya kalaupun turun ke jalan dan aksi damai tanpa kekerasan. Saya perlu mengapresiasi langkah itu," papar Komaruddin Hidayat.

Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Prabowo Subianto di acara HUT ke-67 Kopassus, Rabu (24/4/2019).
Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Prabowo Subianto di acara HUT ke-67 Kopassus, Rabu (24/4/2019). (ISTIMEWA/Tangkap layar Youtube Kompas.com)

Pujian yang dilontarkan Komaruddin Hidayat untuk Prabowo itu sontak menuai tepuk tangan penonton.

Selain itu, Komaruddin Hidayat mengemukakan pemilu 2019 yang telah dilaksanakan berjalan dengan transparan.

"Tak cuma Bawaslu yang mengawasi tetapi juga rakyat, wartawan asing dan tokoh-tokoh yang mengawasi sehingga tak ada privasi bagi tokoh pejabat dan publik," ungkap Komaruddin Hidayat.

BPN Gugat Hasil Pilpres ke MK, Jimly Asshiddiqie: Pintu Harapan Pencarian Kebenaran Jangan Ditutup

Ditegur Karena Teriak-teriak Soal Korban Aksi 22 Mei, Andre Rosiade: Saya Memberikan Narasi Keadilan

Dengan adanya berbagai ide dari tokoh publik yang tersebar saat ini bisa membuat masyarakat menilai sendiri terkait ide tersebut yang masuk akal atau tidak.

"Jadi rakyat menurut saya lebih dewasa dibanding tokoh-tokoh politik," papar Komaruddin Hidayat.

Sebelumnya, Cendekiawan Muslim, Komaruddin Hidayat meminta semua pihak agar menghargai apapun hasil Pemilu serentak 17 April 2019.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved