Tak Lagi Difungsikan, Gerbang Tol Cikarang Utama Mulai Dibongkar

Setelah tidak lagi difungsikan, Gerbang Tol Cikarang Utama di ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek mulai dibongkar.

Tak Lagi Difungsikan, Gerbang Tol Cikarang Utama Mulai Dibongkar
Warta Kota/Muhammad Azzam
Transaksi di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama KM 29 pindah ke GT Cikampek Utama KM 70 dan Kalihurip Utama KM 67, mulai hari ini Kamis (23/5/2019) sejak pukul 00.00 WIB. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG - Setelah tidak lagi difungsikan, Gerbang Tol Cikarang Utama di ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek mulai dibongkar.

Hal ini menyusul telah beroperaisnya Gerbang Tol Cikampek Utama yang menjadi pengganti fungsi gerbang tol tersebut.

General Manager Jasa Marga Cabang Tol Jakarta Cikampek, Raddy R Lukman mengatakan, proses pembongkaran Gerbang Tol Cikarang Utama dilakukan secara bertahap.

Saat ini, pihaknya melakukan pembongkaran terhadap delapan gardu terlebih dahulu dari total 30 gardu yang ada.

"Untuk arus mudik ini kita bongkar 4 gardu di arah Cikampek dan 4 gardu di arah Jakarta, posisinya berada ditengah ruas kita dahulukan untuk menghidari bottle neck (penyempitan ruas)," kata Raddy saat dikonfirmasi, Jumat (24/5/2019).

Raddy menjelaskan, meski saat ini telah tidak difungsikan lagi, Gerbang Tol Cikarang Utama memang masih menyebabkan kemacetan. Pasalnya, keberadaan gardu membuat arus kendaraan menjadi melambat karena terdapat hambatan bangunan bekas gardu trasaksi tol.

"Karena masih proses pembongkaran, hal ini menimbulkan hambatan karena kendara melambat di titik eks gardu Cikarang Utama, kita taergetkan H-10 prosesnya (pembongkaran) rampung," jelas dia.

Adapun Jasa Marga akan membongkar 80 pereen gardu eks Gerbang Tol Cikarang Utama. Pihaknya akan menyisahkan tiga gardu di eks Gerbang Tol Cikarang Utama 3 untuk digunakan sebagai lokasi pengisian saldo e-tol.

Update Penangkapan Perusuh di Jakarta: 441 Orang Diamankan, Polisi Masih Dalami Peran Masing-masing

Untuk diketahui, Gerbang Tol Cikampek Utama resmi beroperasi sejak Kamis, (23/5/2019). Gerbang tol tersebut melayani transaksi kendaraan dari atau menuju ke timur Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Sedangkan untuk pengguna jalan dari menuju selatan Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi pindah transaksi GT Kalihurip Utama di KM 67.

Terdapat 30 gardu transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama, sementara Gerbang Tol Kalihurip Utama ada 14 gardu, 7 gardu arah Bandung dan 7 gardu arah Jakarta. Sebelum adaya dua gerbang tol tersebut, transaksi pengguna tol bertumpuk di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved