Ramadan 2019

Inspirasi Hafal Alquran, Keimanan dan Bermanfaat Bagi Sesama

Saya terharu saat menjadi juri dan sampai meneteskan air mata. Ternyata kata ibunya, Nadja saat di dalam kandungan sering diperdengarkan bacaan Alqura

Inspirasi Hafal Alquran, Keimanan dan Bermanfaat Bagi Sesama
Istimewa
KH Cholil Nafis dan hafidz cilik ananda Nadja. 

Oleh KH Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pada Jumat (24/5/2019) sore hari ini saya hadir mengisi ceramah di acara buka bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia bersama Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Ada penampilan yang bagus sekali, yaitu menghadirkan seorang hafidz cilik yang keterbatasan tapi hafal Alquran dengan sangat baik, mulai letak baris, ayat dan halamannya.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslan, mencoba bertanya tentang ayat poligami, lalu ananda Nadja menjawab itu ada di surat an-Nisa’ ayat 3 dan dibacanya dengan fasih. Seraya Pak Rosan menyebutnya, sah.

Nadja, hafidz cilik ini adalah hasil penelusuran program hafidz cilik RCTI. Saya pun pernah terlibat sebagai jurinya. Memang mengesankan melihat anak-anak kita yang masih belia telah hafal Alquran.

Saya terharu saat menjadi juri dan sampai meneteskan air mata. Ternyata kata ibunya, Nadja saat di dalam kandungan sering diperdengarkan bacaan Alquran dan ibunya sering membaca Alquran.

Saya pun mendapat giliran ceramah selama beberapa menit jelang buka puasa sekaligus doa.

Saya menyampaikan dua poin penting dalam berpuasa ini, bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Dua macam hal yang tak ada kebaikan melebihinya, yaitu iman kepada Allah SWT. dan bermanfaat kepada hamba-Nya.

Iman menjadi acuan awal kebaikan yang utama karena itu yang menentukan arah hidup manusia dan visi pengabdiannya di muka bumi sebagai bekal di akhirat kelak.

Tingkah laku seseorang akan dipengaruhi oleh imannya. Yaitu pada saat sudah sampai pada tingkatan yang dapat merasakan melihat Allah SWT atau minimal merasa diawasi oleh Allah SWT.

Halaman
12
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved