Kadisdik DKI Apresiasi Festival Inklusif dan Karya Pelajar Jakut

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengapresiasi Festival Inklusif dan Karya Pelajar Jakarta Utara di Pluit Junction Mal, pada 24-25 Mei.

Kadisdik DKI Apresiasi Festival Inklusif dan Karya Pelajar Jakut
TribunJakarta.com/Afriyani Garnis
Festival Inklusif dan Karya Pelajar Jakarta Utara di Pluit Junction Mal, Penjaringan, Jakarta Utara, saat dibuka pada Jumat (24/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, PLUIT - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengapresiasi Festival Inklusif dan Karya Pelajar Jakarta Utara di Pluit Junction Mal, pada 24 dan 25 Mei 2019.

Acara tersebut dianggapnya mampu memberikan ruang kegiatan bagi pelajar inklusi (berkebutuhan khusus atau disabilitas) Sekolah Luar Biasa (SLB), baik negeri atau swasta maupun sekolah reguler.

"Penyelenggaraan yang kolaboratif sangat mendukung suksesnya festival ini. Saya mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan ini," kata Ratiyono, Minggu (26/5/2019).

Dia berharap, Sudin Pendidikan Jakarta Utara wilayah 1 dan 2 sebagai inisiator semakin mengembangkan acara seperti ini.

Diharapkannya dengan begitu,  pelajar disabilitas mampu hidup secara mandiri, baik melalui karya seni maupun kewirausahaan.

"Semoga acara ini dapat terus ditingkatkan dengan harapan kedepan bisa lebih mandiri, bahkan menumbuhkan jiwa entrepreneurship (kewirausahaan) yang terasah dengan baik," jelasnya.

Ritiyono pun sempat membaca ulang puisi milik pelajar  peserta asal SLBN 04 Jakarta.

Puisi itu berjudul 'Aku dan Sahabatku' bermakna tekad kemandirian pelajar disabilitas menggapai prestasi gemilang meski harus bersahabat dengan kursi roda.

"Saya sangat mengapresiasi acara ini. Sesuatu dimana pemerintah menyediakan ruang bagi mereka (pelajar disabilitas)," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelajar disabilitas di antaranya dari SLBN 4 Jakarta, SLBN Sunter, SLBN 8 Jakarta, SLBN Sunter Agung, SLB Mawar Putih, SLB Sejahtera bergantian menampilkan karya seninya dihadapan publik.

Diantara juga terdapat penampilan pelajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan pameran hasil karya sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dari enam kecamatan di Jakarta Utara.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved