Lebaran 2019

Puncak Arus Mudik, Menhub Prediksi 150 Ribu Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama Setiap Hari

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 31 Mei 2019 mendatang.

Puncak Arus Mudik, Menhub Prediksi 150 Ribu Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama Setiap Hari
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Menteri Perhunungan Budi Karya Sumadi saat melakukan pemeriksaan kelayakan sebuah bus tujuan Merak di Terminal Kamlung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (26/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 31 Mei 2019 mendatang.

Hal ini ia sampaikan sesuai meninjau kesiapan Terminal Kampung Rambutan menjelang musik mudik lebaran 2019.

"Kami perkirakan mulai ramai tanggal 30 Mei sampai 2 Juni dan puncak mudiknya 31 Mei," ucapnya kepada awak media, Minggu (26/5/2019).

Dalam rentang waktu tersebut, ia memperkirakan ada sebanyak 150 ribu kendaraan per hari yang akan melintas di Jalan To Cikampek.

"Kalau di gerbang tol Cikarang Utama perharinya ada 70 ribu kendaraan yang melintas, tapi lebaran ini diperkirakan naik jadi 150 ribu," ujarnya di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur.

Jelang Mudik Lebaran, Menhub Lakukan Ramp Check di Bandara Soekarno-Hatta

Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Bus Diprediksi Meningkat Sampai 10 Persen saat Lebaran

Guna mengantisipasi kenaikan jumlah kendaraan yang lebih dari dua kali lipat ini, Budi Karya pun mengimbau masyarakat yang akan mudik dengan mobil pribadi untuk mempersiapkan diri sebaiknya mungkin.

"Kami imbau masyarakat untuk tidak semuanya berhenti di rest area. Rest area kami buat prima tapi kami harap masyarajay menyiapkan diri untuk bisa berkendara selama tiga jam," kata Budi Karya.

"Lalu bisa berhenti di Brebes atau Cirebon karena disana lokasinya lebih luas," tambahnya menjelaskan.

Hal ini dilakukan oleh pihaknya untuk menghindari adanya antrean kendaraan yang bisa mengular panjang di pintu masui rest area.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved