Info Mudik 2019

Dinas Perhubungan DKI Jelaskan Cuma Sediakan Kuota Arus Balik Cuma 60 Persen

Sebab, menurutnya, para pemudik yang bekerja tidak bisa diprediksi, kapan ingin kembali ke Jakarta.

Dinas Perhubungan DKI Jelaskan Cuma Sediakan Kuota Arus Balik Cuma 60 Persen
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Plt Kadishub DKI Jakarta Sigit Wodjatmoko, di kawasan Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sigit Wijatmoko mengatakan kuota arus balik lebih sedikit dibandingkan keberangkatan.

Sebab, menurutnya, para pemudik yang bekerja tidak bisa diprediksi, kapan ingin kembali ke Jakarta.

Ia pun menyebut bahwa arus balik yang disediakan menuju Jakarta pada bulan Juni 2019 hanya sebesar 60 persen dari kuota keberangkatan.

"Biasanya, mereka ini tidak berbarengan kembalinya, yang bekerja di swasta punya durasi waktu yang lebih panjang liburnya karena itu, kita hanya mengalokasikan 60 persen dari kuota arus mudik untuk arus balik," ujar Sigit kepada Warta Kota, Senin (27/5/2019).

Hal tersebut menjawab keluhan Siti Mirnawati atau akrab disapa Mirna, salah satu warga Rumah Susun yang mengikuti program Mudik Gratis Pemprov DKI menuju Tegal Jawa Tengah.

"Saya tahunya dari surat edaran yang dibagikan Dinas Perumahan. Padahal katanya program ini diutamakan untuk yang tinggal di rusun, tapi saya gak kebagian tiket pulang," ujar Mirna di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Cideng, Gambir Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan menyiapkan kuota sebanyak 16.578 kursi untuk masyarakat Ibu Kota mudik di Hari Raya.

Kegiatan 'Jakarta Mudik Bersama' secara gratis ini akan dilepas pada 30 Mei 2019 mendatang dengan menggunakan 30 bus.

Adapun kegiatan mudik gratis tersebar ke 10 kota tujuan, yakni Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang.

Sementara untuk arus balik akan dilaksanakan pada Sabtu, 8 Juni 2019 pukul 07.00 WIB melalui terminal masing-masing daerah, menuju Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan ataupun Terminal Pulo Gadung.

Dari pantauan Warta Kota, kuota penumpang yang masih tersedia hanya perjalanan mudik menuju Ciamis, Kuningan Tegal, dan Pekalongan.

"Kursi terpakai 15.012, sisa kursi 1.566," tulis website mudikgratis.jakarta.go.id. (WartaKota/AnggiLiandaPutri)

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved