Pilpres 2019

Sebut Tudingan 17,5 Juta DPT Tak Masuk Akal, KPU: Apa Mungkin Pemilu 2019 Lebih Rendah dari 2014?

KPU menanggapi soal tudingan 17,5 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dianggap tak masuk akal oleh Badan Pemenangan Nasional.

Sebut Tudingan 17,5 Juta DPT Tak Masuk Akal, KPU: Apa Mungkin Pemilu 2019 Lebih Rendah dari 2014?
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Ketua Tim Hukum BPN Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto, Direktur Komunikasi dan Media BPN Hashim Djojohadikusumo mendatangi Mahkamah Konstitusi dari pintu belakang di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019) malam. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menanggapi soal tudingan 17,5 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dianggap tak masuk akal oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, tanggapan itu disampaikan oleh Komisioner KPU, Viryan Azis saat di Kantor KPU, Menteng Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Diketahui bahwa DPT tersebut menjadi satu di antara materi sengketa BPN Prabowo-Sandi yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Terkait dengan tudingan 17,5 juta DPT yang tidak masuk akal, kemudian kita bisa melihat sebenarnya terkait masuk di akal atau tidak, dengan analisis yang lebih sederhana," ujar Viryan.

Kemudian, Viryan mempertanyakan terkait laporan DPT oleh BPN Prabowo-Sandi.

"Apakah mungkin DPT Pemilu 2019 lebih rendah dari DPT Pemilu 2014 dan 2009? Mana yang tidak masuk akal?" jelas Viryan.

Menurutnya jika jumlah DPT Pemilu 2019 lebih sedikit dibanding tahun 2014 dan 2009 justru dinilai tidak wajar.

Viryan mengungkapkan bahwa pihaknya sempat menyampaikan klarifikasi kepada BPN sial tudingan 17,5 Juta DPT tak wajar sebelum pencoblosandilakukan.

Ia menambahkan bahwa klarifikasi itu juga dilengkapi dengan data dan analisis yang turut diserahkan Tim Kemenangan Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin.

"Ya KPU sudah menindaklanjuti ya, artinya sebenarnya ini sudah diketahui banyak pihak dan dokumen jawaban juga kan sebagai dokumen pertanggung jawaban publik kita sebarluaskan," tandasnya.

Halaman
12
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved