Wacana Pembangunan Kereta Api Tanpa Rel di Tangerang Mandek

Wacana pembangunan kereta api tanpa rel dan kabel atau ART di Kota Tangerang yang bekerja sama dengan PT. KAI belum menunjukan perkembangan.

Wacana Pembangunan Kereta Api Tanpa Rel di Tangerang Mandek
Istimewa/dokumentasi PT. KAI.
Contoh kereta api tanpa kabel dan rel atau Autonomous Rail Rapid Transit (ART) yang rencananya akan dibangun di Kota Tangerang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Wacana pembangunan kereta api tanpa rel dan kabel atau Autonomous Rail Rapid Transit (ART) di Kota Tangerang yang bekerja sama dengan PT. KAI belum menunjukan perkembangan.

Pasalnya PT. KAI sedang melakukan kajian terhadap jalur perlintasan di Kota Tangerang yang hingga kini belum ada perkembangannya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, Pemerintahan Kota Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) juga sedang mengkaji trase jalur perlintasan kereta api tanpa rel itu.

"Kereta tanpa rel itu belum dapat lagi progresnya. Temen-temen Bappeda juga lagi mempersiapkan trasenya, kalau itu apakah memungkinkan untuk dibuat di Kota Tangerang," terang Arief, Senin (27/5/2019).

Dari pada membangun ART, Arief mengaku lebih antusias untuk memperpanjang trayek kereta di Stasiun Tangerang sampai ke kawasan Perum, Kecamatan Tangerang.

"Kalau saya semangatnya adalah memperpanjang kereta yang ada di Stasiun Tangerang bisa sampai ke Perum. Karena di sana (Perum) tingkat kepadatannya tinggi," tutur Arief.

LRT Jakarta Masih Tunggu Aspek Administrasi, Anies Berharap Setelah Lebaran Rampung

Tanggapi Pernyataan Menhub, Anies Baswedan: Persoalan Bukan LRT Tapi Kontraktor

Sebelumnya, PT. KAI berencana akan membangun ART di Kota Tangerang bekerja sama dengan Pemkot Tangerang pada bulan Mei 2019.

"Kita kedatangan kereta api (PT KAI), dia ingin mencoba tawarkan solusi yang namanya ART. Dia akan investasi kurang lebih Rp400 miliar," ujar Arief di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (8/4/2019).

Pasalnya, PT KAI telah melakukan survei di Kota Tangerang dan akan mempersiapkan trase jalan raya di kawasan Sungai Cisadane.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved