Lebaran 2019

Berangkat Hari Sabtu, Bupati Pastikan Kondisi 13 Bus Mudik Gratis di Kabupaten Tangerang

Pengecekan perangkat dan kelaikan 13 bus mudik gratis tersebut dilakukan di Pool Bus KJU Citra Raya, Kabupaten Tangerang pada Selasa (28/5/2019).

Berangkat Hari Sabtu, Bupati Pastikan Kondisi 13 Bus Mudik Gratis di Kabupaten Tangerang
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat melakukan cek kelaikan 13 bus mudik gratis di Pool Bus KJU Citra Raya, Kabupaten Tangerang pada Selasa (28/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pengecekan kondisi 13 bus mudik gratis yang disediakan oleh Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Pengecekan perangkat dan kelaikan 13 bus mudik gratis tersebut dilakukan di Pool Bus KJU Citra Raya, Kabupaten Tangerang pada Selasa (28/5/2019).

"Hari ini pengecekan terhadap 13 bus dari Pemda Kabupaten Tangerang untuk program mudik gratis yang akan dilepas Sabtu (1/6/2019). Kami cek dulu semuanya, baik kelengkapan administrasi busnya, maupun kelengkapan teknisnya," kata Zaki.

Saat pengecekan kendaraan, Zaki mengamati semua kelengkapan bus mulai dari rem, lampu depan dan belakang, alat kemudi bus, ketebalan ban, dan alat keamanan bus tersebut.

"Juga sistem keselamatannya di dalam seperti pemadam kebakaran, alat buat ketok kaca itu harus ada, AC juga harus berfungsi. Alhamdulillah kalau lihat busnya cukup lumayan aman untuk perjalanan jarak jauh," ucap Zaki.

Wali Kota Jaksel Imbau Warga Titipkan Rumah ke Tetangga Saat Mudik

Untuk hasil pengecekan, Zaki belum bisa memastikan hasilnya lantaran, pengecekan terus dilakukan secara mendalam hingga nanti mendekati hari pelepasan mudik gratis.

Selain bus, ke-13 sopir bus mudik gratis tersebut juga mengikuti tes kesehatan dan tes urine untuk memastikan sopir tidak dalam pengaruh obat-obatan terlarang.

"Sopir juga sudah diinstruksikan setiap empat jam mereka harus beristirahat selama satu jam untuk memulihkan tenaga dan menjaga konsentrasinya," perintah Zaki.

VIDEO Melihat Geliat Pemudik di Stasiun Gambir

Perlu diketahui, warga Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang yang berkeinginan ikut program mudik gratis dapat mendaftarkan diri dan membawa persyaratan ke Kantor Dishub Kabupaten Tangerang.

Persyaratannya yakni KTP asli dan STNK motor asli, satu KTP berlaku untuk satu orang pemudik gratis.

Pemkab Tangerang menyediakan 13 bus mudik gratis ditambah 93 bus dari Kementerian Perhubungan yang akan diberangkatkan serentak di Puspemkab Kabupaten Tangerang pada 1 Juni 2019.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved