Lebaran 2019

Kurangi Kepadatan di Kalimalang, Pemudik Mobil Diharap Gunakan Tol Becakayu

Sutimin menuturkan pemudik masih memiliki alternatif jalan arteri yakni lewat Cempaka Putih Coca-cola, Perintis Kemerdekaan

Kurangi Kepadatan di Kalimalang, Pemudik Mobil Diharap Gunakan Tol Becakayu
Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Parkir liar di kolong Tol Becakayu 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Puncak arus mudik di jalur arteri Kalimalang yang kerap dilintasi pemudik kendaraan roda empat dan roda dua di setiap musim mudik diprediksi terjadi pada H-3 hari raya Idul Fitri.

Meski belum berencana melakukan rekayasa lalu lintas, Kasat Lantas Polres Jakarta Timur AKBP Sutimin berharap pengendara roda empat masuk Tol Becakayu.

Menurutnya bila pemudik yang menggunakan mobil memilih masuk Tol Becakayu lalu keluar di Sumber Artha baru kemudian masuk jalan tol lagi atau memilih lewat jalur arteri.

"Manakala ada overload di dalam kota, kami membantu mengeluarkan di Indomobil Cawang. Kita bantu keluarkan lewat arteri, syukur-syukur mau naik Becakayu, bisa masuk Bekasi barat atau arteri," kata Sutimin di Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (28/5/2019).

Sutimin menuturkan pemudik masih memiliki alternatif jalan arteri yakni lewat Cempaka Putih Coca-cola, Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Bekasi Raya.

Namun karena di Jalan Bekasi Raya terdapat pembangunan tol tengah sehingga terjadi bottleneck (penyempitan jalan) dan dikhawatirkan justru memperburuk kemacetan.

"Saya harapkan juga melalui di Kalimalang saja. Jadi Coca-cola ke Ahmad Yani di Panjaitan baru kiri Halim Lama. Itu lebih baik dan lebih nyaman karena Becakayu tolnya sudah jadi," ujarnya.

Tak lupa dia mengingatkan pemudik berhati-hati saat melintas di Kalimalang, khususnya di sekitar Mal Cipinang dan Kampus Borobudur karena terdiri dua lajur.

Hingga kini, Sutimin menyebut pihaknya terus memantau dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait guna kenyamanan dan keselamatan pemudik di perjalanan.

"Kita juga mengantisipasi melaksanakan one way untuk yang pulang mudik. Supaya longgar, lebih nyaman dipersiapkan di arteri maupun interchange Cawang," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved