Lebaran 2019

Polisi Waspadai Kajahatan Jalanan Hingga Terorisme Saat Mudik Lebaran

"Saya pikir potensi kerawanan sama seperti tahun lalu, yaitu street crime (kejahatan jalanan), lalu macet, kecelakaan dan terorisme," kata Indarto.

Polisi Waspadai Kajahatan Jalanan Hingga Terorisme Saat Mudik Lebaran
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kapolres Metro Bekasi Kombes Indarto. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto menghimbau masyarakat agar selalu tetap waspada selama momen mudik Lebaran berlangsung.

Potensi kerawanan tindak kejatahan seperti kejahatan jalanan hingga terorisme perlu diwaspadai terlebih kejahatan pencurian rumah kosong yang ditinggal pemudik.

"Saya pikir potensi kerawanan sama seperti tahun lalu, yaitu street crime (kejahatan jalanan), lalu macet, kecelakaan dan terorisme," kata Indarto di Mapolres Metro Bekasi Kota, Selasa (28/5/2019).

Untuk kerawanan aksi pencurian rumah kosong, polisi telah mengimbau masyarakat agar menitipkan kunci rumah ke tetangga yang tidak melaksanakan mudik.

Operasi Ketupat Jaya, Polres Metro Bekasi Kota Siapkan 10 Pos Pengamanan

"Kita himbau masyarakat agar pada saat meninggalkan rumah memastikan kembali pintu jendela dan alat kelistrikan dipadamkan agar tidak terjadi korsleting listrik, serta kita juga tingkat pengamanan patroli kewilayahan," jelas dia.

Masyakarat daat mudik juga dihimbau tidak meninggalkan benda-benda berharga di dalam rumah, warga dapat menitipkan barang tersebut ke Polres Metro Bekasi Kota atau ke Polsek terdekat.

"Ini sudah kita rundingkan, seperti nanti ada penitipan untuk mobil dan motor, kita akan kerja sama dengan pemkot lalu juga penitipan barang berharga, nanti polres dan polsek barang berharga kita simpan di berangkas," ucapnya.

"Barang berharga itu benar-benar barang berharga, untuk elektronik sementara kita tidak terima, tb kulkas kita tidak terima.
Tapi kalau jam berharga, emas, perhiasan lain silahkan titipkan ke kami," tambahnya.

Adapun untuk pengamanan mudik lebaran atau Operasi Ketupat Jaya 2019, Polres Metro Bekasi Kota menerjunkan 800 personil kepolisian yang disebar diseluruh wilayah Kota Bekasi.

Polisi Amankan 19 Wanita di Apartemen Serpong, Diduga PSK Online

Polisi juga membangun 10 pos pengamanan (pospam) di jalur mudik untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di Kota Bekasi.

"Total ada 800 untuk polisi, ditambah sama kawan-kawan Pol PP, Dishub, dan pramuka serta mitra kamtibmas," ungkap Indarto.

"Sekarang setiap pos akan banyak satu kali main bisa sampai 15 orang. Jadi ini kita fokuskan agar anggota tidak terpencar dan terpencil-pencil kalau banyak kita lebih aman dan anggota saling menjaga," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved