Lebaran 2019

VIDEO 3.000 Personel Gabungan Mengamankan Bandara Soekarno-Hatta Selama Arus Mudik Lebaran

Unsur yang terlibat mulai dari AVSEC, Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Brimob, TNI, BASARNAS, dan lainnya.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Seluruh unsur pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta turun mengamankan kegiatan arus mudik 2019.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, total ada sekira 3.000 personel gabungan yang akan diterjunkan dalam pengamanan Bandara Soekarno-Hatta.

Unsur yang terlibat mulai dari AVSEC, Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Brimob, TNI, BASARNAS, dan lainnya.

"Kurang lebih di Bandara Soekarno-Hatta saja yang terlibat 750 personel, ditambah AVSEC yg full operasi sekitar 1200 ditambah personel lainnya. Dengan kurang lebih kesiapan 3000 personel di Bandara Soekarno-Hatta ini," jelas Awaluddin usai gelar operasi Ketupat Jaya dan Angkutan Lebaran, Selasa (28/5/2019).

Menurut Awaluddin, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandar udara terbesar dan tersibuk di Indonesia sehingga memerlukan banyak tenaga untuk pengamanan.

Puncak Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta Diperkirakan Tanggal 7 dan 8 Juni 2019

Selain pengamanan, pihak PT Angkasa Pura II juga akan menambah fasilitas berbasis digital untuk pengguna jasa demi kepentingan pemberangkatan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Seperti penambahan self check in menjadi 110 buah, 7246 flight information display, 150 mesin X-ray dual view, 121 walk through metal detector, hingga 37 golf car yang dipergunakan di Terminal 3 dan lainnya.

"Untuk tahun ini berbagai fasilitas tambahan berbasis layanan digital akan bertambah. Jadi akan memudahkan masyarakat dan pengguna jasa di bandara untuk bisa mendapatkan informasi, mendapatkan kenyamanan, kemudahan dan mungkin hal2 yang mempercepat proses mereka dalam kegiatan arus mudik kali ini," jelas Awaluddin.

Sementara, Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Victor Togi Tambunan mengatakan mengerahkan setidaknya 550 personel untuk pengamanan arus mudik 2019.

"Patroli-patroli juga ditingkatkan baik gabungan skala besar bersama TNI dan AVSEC baik di seputar perimeter dan di dalam area terminal. Ditingkatkan juga baik random check dan patroli gabungan termasuk di area dalam tempat counter check-in dan sebagainya," kata Victor.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved