Lebaran 2019

Wali Kota Jaksel Imbau Warga Titipkan Rumah ke Tetangga Saat Mudik

Hal ini dilakukan untuk memastikan kawasan Jakarta Selatan tetap aman meski ditinggal mudik oleh sebagian warganya.

Wali Kota Jaksel Imbau Warga Titipkan Rumah ke Tetangga Saat Mudik
TribunJakarta/Annas Furqon Hakim
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menyempatkan diri untuk minum kopi di Kios Dunia Kopi Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, seluruh masyarakat di lingkungannya diimbau agar menitipkan rumahnya ke tetangga terdekat saat hendak meninggalkan rumah untuk mudik lebaran.

Peringatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan keamanan dan situasi di rumah tersebut saat ditinggal sang pemilik selama berhari-hari.

"Masyarakat diimbau untuk komunikasi dengan sesama tetangga. Setiap mau pulang ke kampung, dititipkan dulu rumahnya, atau infokan bahwa dia mau pulang. Pastikan segala sesuatu yang dia tinggal itu aman dan terkendali. Misal pintu sudah dikunci, dan listrik- listrik itu diamankan," kata Marullah Matali saat dikonfirmasi, Selasa (28/5/2019).

Terkait dengan pengamanan di lingkungan sekitar, Marullah menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan Satpol PP untuk memberikan pengawasan di titik-titik tertentu.

Selain itu, ia juga telah meminta kepada petugas RT dan RW di lingkungan terkait untuk menghidupkan kembali kegiatan ronda dan siskamling di masing-masing wilayah.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kawasan Jakarta Selatan tetap aman meski ditinggal mudik oleh sebagian warganya.

"Kita sih sudah minta kepada lurah untuk mengimbau kepada RT, RW untuk menjaga keamanan, ketertiban. Itu tadi salah satunya dengan menghidupkan kembali Siskambling dan ronda. Juga ke Satpol PP, semua kita libatkan. Jadi kalau lagi siskamling, mereka laporkan ke saya, tiap malam mereka laporkan," kata dia.

Tukar Status Kandang, Persija Jakarta Siapkan Mental Kuat Jelang Lawan Bali United

Permudah Pemudik Akses Informasi Perjalanan, Kompas Luncurkan Comment Center

KPU Jakarta Timur Bersiap Hadapi Gugatan Peserta Pemilu 2019 di MK

Menurut Marullah, petugas Satpol PP DKI Jakarta bersama dengan aparat keamanan lainnya rutin melakukan patroli di tiap-tiap wilayah jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Selain Satpol PP, lanjut Marullah beberapa tokoh masyarakat lainnya juga turut dilibatkan dalam pengamanan jelang lebaran.

"FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) aja ikut, LMK juga ikut, RT RW ikut, semua ikut, Satpol PP ikut. Jadi bergantian. Lurah aja saya minta gantian," pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved