Lebaran 2019

Sebanyak 712 Motor akan Dikirim ke 10 Kota Tujuan Lewat Mudik Gratis Pemprov 2019

Sebanyak 712 motor akan di kirim ke 10 kota tujuan pada tahap pertama Mudik Gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2019.

Sebanyak 712 Motor akan Dikirim ke 10 Kota Tujuan Lewat Mudik Gratis Pemprov 2019
TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Persiapan pemberangkatan sepeda motor dengan truk pengangkut kendaraan di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/5/2019)

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Sebanyak 712 motor akan di kirim ke 10 kota tujuan pada tahap pertama Mudik Gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2019.

Pada tahapan pertama mudik gratis ini di mulai dengan pengiriman sepeda motor di Terminal Mobil Barang (TMB) Pulogadung, Jakarta Timur.

Nantinya sepeda motor tersebut akan di kirim ke Wonogiri Yogyakarta Solo Semarang Pekalongan Jombang Ciamis Kuningan Tegal dan Kebumen.

Kepala Unit Pelayanan (UP) Terminal DKI Jakarta, Muslim mengatakan pemberangkatan sepeda motor terbagi menjadi dua gelombang dan pengaturan di lapangannya di kondisikan.

"Saat ini tercatat 712 motor yang akan diangkut oleh 36 unit truk pengangkut kendaraan. Nantinya pengiriman akan terbagi menjadi dua gelombang. Untuk gelombang pertama akan berangkat ke Wonogiri, Yogyakarta, Solo, Semarang, Pekalongan dan Jombang. Gelombang kedua ke Ciamis, Kuningan, Tegal dan Kebumen. Namun, untuk pengiriman akan dikondisikan sesuai keadaan di lapangan. Ketika 20 kendaraan sudah terisi di satu truk maka itu yang akan siap jalan," ungkapnya, Rabu (29/5/2019).

BW Sebut Pemilu 2019 Terburuk, Sekjen PPP: Semoga BW Tidak Sedang Amnesia

H-1 Keberangkatan, Kuota Mudik Gratis Pemprov DKI Masih Tersisa 1.566 Kursi

Kapolda Metro Jaya Pantau Kesiapan Mudik Bandara Soekarno-Hatta Antisipasi Kerawanan

Pantauan TribunJakarta.com, begitu sampai di Terminal Pulogadung, para pemilik kendaraan harus melewati fase pengecekan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pada tahap pengecekan awal, sepeda motor akan dicek BBMnya. Sebab isi tangki BBM maksimal hanya 1 liter.

Setelah itu, spion, helm dan aksesoris motor lainnya harus sudah dilepas dan di bawa sendiri oleh pemudik.

Jika dua hal itu sudah terpenuhi, maka sepeda motor akan diserahkan ke petugas dengan menunjukan KTP dan STNK asli maupun fotocopy dan menandatangani bukti pengiriman.

"Saat penandatanganan penyerahan kendaraan sudah dijelaskan juga semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Termasuk petugas yang tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. Asuransi hanya berlaku ketika motor hilang. Namun untuk antisipasi maka sebelum di naikan ke truk, motor akan dibungkus bahan Eva agar meminimalisir kerusakan," pungkasnya.

Hingga pukul 13.00 WIB, baru 5 pemberangkatan truk sejak pukul 10.00 WIB.

Para petugas akan tetap menunggu kedatangan motor pemudik selama mereka masih berdatangan meskipun secara jadwal pelayanan akan di tutup pada pukul 17.00 WIB.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved