Warga Nigeria Selundupkan 1,9 Kg Sabu Dalam Bungkus Tepung di Bandara Soekarno-Hatta

Seorang WNA asal Nigera kedapatan membawa 1,99 kilogram Methamphetamine atau narkotika jenis sabu di Bandara Soekarno-Hatta.

Warga Nigeria Selundupkan 1,9 Kg Sabu Dalam Bungkus Tepung di Bandara Soekarno-Hatta
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Total enam kilogram narkoba jenis Methamphetamine dan Ketamine yang berhasil ditegahkan upaya penyelundupannya di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (29/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Seorang warga negara asing (WNA) asal Nigera kedapatan membawa 1,99 kilogram Methamphetamine atau narkotika jenis sabu di Bandara Soekarno-Hatta.

Pria berinisial COO (27) tersebut terbang dari negara asalnya menggunakan maskapai Ethiopian Airlines dengan rute Nigeria-Ethiopia, Ethiopia-Jakarta pada Sabtu (20/4/2019).

Plh Kepala KPU BC Tipe C Soekarno-Hatta, Arif menerangkan kejadian terkuak setelah petugas dari bea cukai memeriksa barang bawaan penumpang Ethiopian Airlines di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Dari hasil pemeriksaan barang dari COO, petugas mendapati lima kotak tepung kemasan yang disimpan dan dicampur dengan olahan kepala ikan kering dan bahan-bahan makanan lainnya.

Menurut Arif, setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan satu kemasan tepung makanan merk Grandma Unripe Plantain Flour kedapatan sesuai berisi tepung.

"Namun ada empat kemasan tepung makanan merk Infinity Com Flour kedapatan didalamnya masing-masing berisi serbuk kristal bening yang dibungkus plastik dan dilapisi dengan kertas aluminium foil dengan total berat bruto 1,9 kilogram," jelas Arif, Rabu (29/5/2019).

Saat ditemukan barang mencurigakan tersebut, langsung dilakukan pengujian terhadap serbuk kristal bening menggunakan alat uji narkotika.

"Ternyata hasilnya positif Methamphetamine atau sabu-sabu. Jadi pelaku mencampur dengan bahan olahan ikan supaya tidak terdeteksi dengan mesin Xray," tutur Arif.

Setelah melalui proses pemeriksaan, Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta melakukan koordinasi dengan control delivery (CD) dilakukan oleh pihak Polresta Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved