Lebaran 2019

Rest Area Masih Jadi Simpul Kepadatan Kendaraan Pemudik di Jalan Tol Jakarta Cikampek

"Rest area ya (sumber kepadatan), untuk saat ini yang jadi simpul kepadatan rest area KM 57," kata Joko.

ISTIMEWA
Jasa Marga menyiapkan 68 rest area atau tempat peristirahatan yang terdapat di ruas-ruas tol milik Jasa Marga demi kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, RAWALUMBU - Tempat istirahat atau rest area masih jadi simpul titik kepadatan kendaraan di ruas Tol Jakarta Cikampek saat momen arus mudik lebaran. 

Joko Setio Petugas Sentra Komunikasi (Senkom) Jasa Marga Cabang Tol Jakarta Cikampek mengatakan, dari pantauan arus lalu lintas mudik yang mulai terjadi sejak kemarin, rest area KM 57 masih jadi simbol kepadatan paling berpengaruh. 

"Rest area ya (sumber kepadatan), untuk saat ini yang jadi simpul kepadatan rest area KM 57," kata Joko, Kamis (30/5/2019). 

Dia menjelaskan, di rest area KM 57, kepadatan kerap terjadi lantaran rest area tersebut merupakan paling akhir yang ada di ruas tol Jakarta Cikampek.

"Posisinya karena paling akhir ya, pengendara mungkin sebelumnya melihat rest area kaya di 39 dan 50 penuh larinya jadi menumpuk di 57," kata Joko. 

Jasa Marga hingga kini masih menerapkan rekayasa lalu lintas berupa rekayasa satu jalur atau one dan rekaya contra flow. 

Penerapan one way berlaku dari KM 70 Tol Jakarta Cikampek hingga ke KM 263 Tol Pejagan Pemalang. 

Sementara untuk contra flow diberlakukan dari KM 35 hingga KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Kombinasi rekayasa lalu lintas di ruas tol ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan selama arus mudik maupun arus balik lebaran 2019. 

Jasa Marga memprediksi pada hari ini, Kamis, (30/5) atau H-6 lebaran, sebanyak 74.496 kendaraan masih akan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama, atau meningkat 159,7 % dari volume lalin normal, 28.689 kendaraan.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved