Lebaran 2019

VIDEO Sambut Lebaran, Dirut Citilink Terjun Langsung Periksa Kelaikan Pesawat Terbang

Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1440 H, jajaran direksi Maskapai Citilink terjun langsung ke lapangan untuk memeriksa kelaikan pesawat

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1440 H, jajaran direksi Maskapai Citilink terjun langsung ke lapangan untuk memeriksa kelaikan pesawat terbangnya di Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta.

Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pesawat sekecil apa pun menyambut peak season saat arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta yang diperkirakan jatuh pada tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2019.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo pun turun langsung dalam pemeriksaan pesawat yang dilakukan mendekati tengah malam di apron Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta.

Dari pantauan TribunJakarta.com, Juliandra memeriksa semua komponen pesawat mulai dari ban, alat navigasi kokpit pesawat, turbin, powerplant, sistem pengereman dan lainnya.

Ia juga memeriksa sisi kenyamanan penerbangan dari sektor pendingin ruangangan, kursi penumpang, hingga kebersihan toilet.

Video Pria Afrika Selatan Selundupkan Ketamine Dalam Sarang Burung Walet di Bandara Soekarno-Hatta

Warga Nigeria Selundupkan 1,9 Kg Sabu Dalam Bungkus Tepung di Bandara Soekarno-Hatta

WNA Asal Afsel Terciduk Bawa Obat Terlarang Berbungkus Sarang Burung Walet di Bandara Soekarno-Hatta

"Ramp check ini kegiatan rutin kita terutama menghadapi event besar seperti hari raya, dimana traffic penumpang meningkat. Sehingga kita ingin mengajak jajaran Citilink untuk meningkatkan perhatian terutama kesiapan penerbangan dari sisi safety maupun sisi security," jelas Juliandra di Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (29/5/2019) malam.

Menurutnya, yang menjadi perhatian khusus pemeriksaan adalah sistem pendaratan pesawat mulai dari pengereman, status ban pesawat hingga sistem navigasi dan lain sebagainya.

Ia juga memastikan kesehatan dan kesiapan kru kabin nanti saat menghadapi peak season di mana mereka akan menambah jam terbang dan jam kerja.

"Seluruh aspek kita lihat, dari kesiapan kru kita lihat. Jadi tadi masuk ke kokpit, kita bicara dengan pilot bagaimana kesiapan mereka dan kesehatan mereka. Lalu kita cek ceklistnya di pesawat, kondisi pesawat seperti apa apakah ada keluhan," tutur Juliandra.

Menurutnya, dari ramp check yang telah dilakukan malam kemarin belum ditemukan kejanggalan berarti yang dapat menggangu aktivitas penerbangan saat musim mudik lebaran nanti.

"Semua dalam kondisi normal dan layak untuk diterbangkan. Semua prosedurnya sudah kita lihat, sudah dipenuhi semua baik pemeriksaan sebelum terbang kemudian kondisi pesawatnya seperti apa, kemudian kita lihat sampai pesawat itu pushback dan menuju taxiway semua dalam kondisi normal," tandasnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved