Lebaran 2019

H-5 Lebaran, PT KAI: 24.500 Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

H-5 Lebaran, PT KAI: 24.500 Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

H-5 Lebaran, PT KAI: 24.500 Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Sejumlah penumpang tampak mengantre untuk bisa naik ke dalam kereta api yang akan membawa mereka menuju kampung halaman dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, SENEN - Lima hari menjelang lebaran, lonjakan penumpang kereta api mulai terasa di Stasium Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunissa mengatakan, sampai siang ini sudah ada 24.500 orang pemudik yang berangkat menuju kampung halaman mereka masing-masing melalui Stasiun Pasar Senen.

"Untuk hari ini sendiri, update terbaru ada sekira 24.500 pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen," ucapnya saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).

Dijelaskan Eva jumlah pemudik diperkirakan akan terus bertambah sampai Selasa (4/5/2019) mendatang atau satu hari menjelang lebaran.

"Prediksi kami sejak H-5 sampai H-1 menjadi puncak arus mudik, jadi penumpang sampai H-1 pasti akan terus terjadi peningkatan," ujarnya.

Berdasarkan ketersediaan tempat duduk selama periode angkutan lebaran 2019 ini, diperkirakan ada peningkatan jumlah penumpang sebanyak sembilan persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu total selama periode angkutan lebaran ada 915 ribu pemudik dari area PT KAI Daop 1," kata Eva.

"Bila melihat dari ketersediaan tempat duduk kereta yang kami berangkatkan, tahun kni kami prediksi naik sembilan persen, jadi ada 997 ribu sampai satu juta penumpang selama arus mudik," tambahnya menjelaskan.

Pantauan TribunJakarta.com pada Jumat (31/5/2019) siang, ratusan penumpang tampak memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Tak hanya di sekitar ruang tunggu keberangkatan, para pemudik tersebut juga tampak memadati sejumlah lokasi lainnya.

Seperti di depan toilet dan di depan sejumlah mini market yang ada di Stasiun Senen. Mereka tampak duduk lesehan bersama sanak keluarga maupun kerabatnya sambil menungyu keberangkatan kereta.

Tampak pula sejumlah tas dan koper, serta beberapa buah kardus berukuran cukup besar yang diletakkan tak jauh dari posisi mereka duduk.

Antrean juga tampak mengular di pintu masuk menuju peron Stasiun Pasar Senen. Pasalnya, sebelum para pemudik bisa masuk ke dalam peron, mereka terlebih dahulu harus melewati pemeriksaan tiket.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved